Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 4

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 4 Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan      : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  3   /1
Tema                             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke        :  4
Alokasi waktu             :  1 hari

A.     TUJUAN
1.      Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan dengan benar.
2.      Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
3.      Setelah melakukan permainan, siswa dapat menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan dan lari untuk kekuatan tangan dan kaki dengan benar.
4.      Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.      Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.      Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol  sila Pancasila yang pertama dengan benar.
7.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mencoba
·                   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh.
·                   Pertumbuhan artinya bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
·                   Pertumbuhan juga dipengaruhi kebiasaan berolahraga.
·                   Siswa akan berolahraga melalui permainan kuda-kudaan.
·                   Sebelum bermain, siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu.
·                   Bermain kuda-kudaan adalah salah satu kegiatan olahraga. Karena permainan kuda-kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
·                   Carilah temanmu yang memiliki berat badan seimbang. Lalu tentukan terlebih dahulu yang akan menjadi penunggang dan kuda. Siswa bisa menentukan dengan suit terlebih dahulu.
·                   Anak yang menjadi kuda akan menggendong temannya di garis awal. Saat diberi aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai dengan garis akhir. Pasangan yang lebih dulu mencapai garis akhir adalah pemenangnya.
·                   Ulangi kegiatan dengan mengganti kuda dan penunggang.

Ayo Berdiskusi
·                   Siswa berdiskusi mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·                   Saat bermain kuda-kudaan, tangan penunggang akan menahan berat badan
·                   temannya yang digendong. Kegiatan ini akan membantu memperkuat tangan.
·                   Saat menggendong, penunggang harus berjalan atau berlari. Latihan ini akan membantu memperkuat kaki.

Ayo Bercerita
·                   Siswa menceritakan hasil diskusi di depan teman-teman. Jika waktu tidak memungkinkan, kegiatan dilakukan secara berkelompok. (Gotong Royong, Collaburation)
·                   Cerita juga dilengkapi dengan cara-cara merawat tubuh yang sudah dilakukan sebagai salah satu cara mensyukuri pemberian Tuhan.
    140
    menit
Kegiatan
Penutup
1.   Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.   Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.   Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.   Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.   Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel