RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 4
Rabu, 08 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan
prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan
dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan
prosedur kombinasi gerakan jalan dan lari dalam bentuk permainan kuda-kudaan.
3. Setelah melakukan permainan, siswa dapat
menyimpulkan manfaat melakukan gerak jalan dan lari untuk kekuatan tangan dan
kaki dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan
kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan
kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat.
6. Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti
penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mencoba
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh.
·
Pertumbuhan artinya
bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
·
Pertumbuhan juga
dipengaruhi kebiasaan berolahraga.
·
Siswa akan berolahraga
melalui permainan kuda-kudaan.
·
Sebelum bermain, siswa
melakukan pemanasan terlebih dahulu.
·
Bermain kuda-kudaan
adalah salah satu kegiatan olahraga. Karena permainan kuda-kudaan dapat
membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
·
Carilah temanmu yang
memiliki berat badan seimbang. Lalu tentukan terlebih dahulu yang akan
menjadi penunggang dan kuda. Siswa bisa menentukan dengan suit terlebih
dahulu.
·
Anak yang menjadi kuda
akan menggendong temannya di garis awal. Saat diberi aba-aba, berjalan atau
berlarilah sampai dengan garis akhir. Pasangan yang lebih dulu mencapai garis
akhir adalah pemenangnya.
·
Ulangi kegiatan dengan
mengganti kuda dan penunggang.
Ayo Berdiskusi
·
Siswa berdiskusi
mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
·
Saat bermain
kuda-kudaan, tangan penunggang akan menahan berat badan
·
temannya yang
digendong. Kegiatan ini akan membantu memperkuat tangan.
·
Saat menggendong,
penunggang harus berjalan atau berlari. Latihan ini akan membantu memperkuat
kaki.
Ayo Bercerita
·
Siswa menceritakan
hasil diskusi di depan teman-teman. Jika waktu tidak memungkinkan, kegiatan
dilakukan secara berkelompok. (Gotong
Royong, Collaburation)
·
Cerita juga dilengkapi
dengan cara-cara merawat tubuh yang sudah dilakukan sebagai salah satu cara
mensyukuri pemberian Tuhan.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc