Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 4 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  3 /1
Tema                        :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke        :  4
Alokasi waktu             :  1 hari


A. TUJUAN 
  1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat. 
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan percaya diri.
  5. Setelah mengamati permainan, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  6. Setelah mengamati permainan, siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)


Inti Kegiatan
Ayo Mengamati 
  • Siswa membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.
  • Siswa mengamati gambar daur hidup kupu-kupu 
  • Siswa berbagi cerita pengalaman melihat tahapan-tahapan pada daur hidup kupu-kupu tersebut. (Creativity and Innovation)
  • Siswa mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi selama daur hidup kupu-kupu.
  • Siswa menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup kupu-kupu dengan bahasanya sendiri.
  •  Tulisan sesuai dengan informasi yang disajikan di buku dan informasi yang di dengar dari penjelasan guru.
  • Tahap pertama telur. Telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas menjadi ulat.
  • Tahap kedua ulat. Ulat akan makan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Siswa diajak mengamati beberapa daun yang terkena hama dan jadi makanan ulat. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentukkepompong.
  • Tahap ketigakepompong.
  • Tahap keempat kepompong akan berubah menjadi kupukupu.



Ayo Berlatih 
  • Siswa berlatih membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang disajikan.
  • Banyaknya pertanyaan yang harus dibuat minimal dua buah.
  • (Critical Thinking and Problem Solving)


Ayo Mencoba
  • Siswa berlatih menirukan gerak sesuai contoh.
  • Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berlari mengelilingi lapangan.



(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih 
  • Siswa bercerita mengenai pengalaman menirukan gerak daur hidup kupu-kupu.
  • Siswa mengamati kemapuan teman-teman dalam melakukan gerakan menirukan daur hidup kupu-kupu.
  • Siswa berlatih menulis saran tentang kemampuan gerak tersebut. (Creativity and Innovation)
  • Siswa berlatih menyampaikan sarannya.
  • Siswa menceritakan pengalaman memberi saran kepada temannya.



Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                             Guru Kelas 


 ..........................                                                                              .......................

 NIP. ..................                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel