Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 5 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 5 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  3 /1
Tema                       :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika 
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu          :  1 hari

A. TUJUAN 

  1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan tepat. 
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)


Inti Kegiatan
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar daur hidup katak.
  • Siswa membaca teks tentang daur hidup katak.
  • Selain kupu-kupu, katak juga memiliki 4 tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu, katak muda sampai katak dewasa. Katak mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda. Daur hidup katak dimulaidari telur. Telur berubah menjadi berudu. Berudu kemudian berubah menjadi katak muda yang memiliki ekor. Katak muda kemudian berkembang menjadi katak dewasa.
  •  


Ayo Menulis
  • Siswa mengamati kembali tahapan daur hidup katak, lalu menganalisa tahapan yang paling penting. (Critical Thinking nad Problem Formulation)
  • Siswa dibebaskan untuk berpendapat selama pendapatnya beralasan yang disertai kebenaran konsep.
  • Tahapan yang paling penting adalah telur. Selain bentuknya yang kecil, telur juga tidak dapat melakukan perlawanan, sangat mudah untuk dihancurkan atau dimangsa lawan. Oleh karena itu, jika telur terancam, maka perkembangan katak pun terancam.


Ayo Berdiskusi
  • Katak termasuk hewan yang ditakuti beberapa anak.
  • Terkadang ada siswa yang suka menggoda teman lainnya menggunakan kedua hewan tersebut.
  • Pentingnya untuk saling menyayangi dan menghargai, agar dapat berteman dengan baik dan disukai semua teman.
  • Siswa berlatih menuliskan saran tentang hal tersebut.
  • Siswa berlatih menyampaikan saran.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih
Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian.
» 7 × 130 = 910
» 4 × 300 = 1.200
Siswa berlatih membuat soal cerita.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                             Guru Kelas 


 ..........................                                                                              .......................

 NIP. ..................                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel