Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 3 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 3 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester :  3 /1
Tema                       :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 hari

A. TUJUAN 

  1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan rapi.
  3. Setelah mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepat.
  4. Setelah mengamati teks, siswa dapat menjelaskan makna kata/istilah yang berhubunga dengan pertumbuhan ikan dengan tepat.
  5. Setelah mengamati teks, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepat.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
  7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)


Inti Kegiatan
Ayo Berkreasi 
  • Siswa mengamati contoh gambar dekoratif hewan.
  • Menggambar dekoratif hewan adalah menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih nampak.
  • Gambar dekoratif biasanya digunakan untuk motif hias pada benda. Misalnyabatik , ukiran kayu atau benda lainnya.
  • Siswa mengamati garis dan warna yang ada pada gambar dekoratif ikan.
  • Siswa berlatih menghias gambar ikan dengan berbagai macam garis mengikuti contoh.
  • Siswa mewarnai gambar agar lebih menarik.
  • (Creativity and Innovation)


Ayo Menulis
  • Siswa membaca teks tentang ciri-ciri ikan.
  • Siswa berdiskusi mengenai berbagai jenis ikan yang pernah dilihatnya.
  • Siswa bertukar informasi tentang ikan yang pernah dilihatnya.
  • Siswa memuliskan minimal 5 informasi tentang jenis-jenis ikan dan ciri-cirinya. (Creativity and Innovation)
  • Jika jenis ikan yang diketahui siswa jumlahnya terbatas, siswa dapat saling bertukar informasi.
  • Siswa menuliskan pada tempat yang tersedia.


Ayo Bercerita 
  • Siswa menceritakan hasil wawancara terhadap teman tentang jenis-jenis ikan yang pernah dilihatnya.
  • Kembangkan kegiatan diskusi jika ada hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut.
  • (Creativity and Innovation)


Ayo Berlatih 
Siswa mengingat kembali langkah-langkah dalam menyelesaikan soal pembagian.
 Siswa berlatih dengan soal yang diberikan guru.
 Contoh: 
Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan
Jawaban:
Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan.Dalam waktu dua bulan banyaknya ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240
Dalam perkalian ditulis  2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 2, lalu jumlahkan.
2 × 100  =  200
2 ×   20  =    40  + 240
Siswa berlatih soal yang ada pada buku.
3 × 320 =  960
7 × 110 = 770
5 × 300 = 1500
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                             Guru Kelas 


 ..........................                                                                              .......................

 NIP. ..................                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel