Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester    :  3 /1
Tema                       :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu          :  1 hari

A. TUJUAN 


  1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti  bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 


Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)


Inti Kegiatan
Ayo Mengamati 
  • Siswa membaca teks yang ada pada buku.
  • Siswa berdiskusi tentang berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.
  • Siswa berdikusi tentang cara dan tempat nyamuk berkembang biak.
  • Siswa berdiskusi cara menjaga lingkungan untuk mencegah berbagai penyakita yang disebabkan nyamuk.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)



Ayo Berlatih 
  • Siswa mencoba membuat poster sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.
  • Lakukan langkah-langkah kerja sebagai berikut.
  • Bentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa.
  • Diskusikan bersama kelompok informasi atau pesan yang akan disampaikan melalui poster dan pembagian tugasnya. 
  • Informasi diantaranya:
  • Gambar daur hidup nyamuk.
  • Jenis nyamuk dan bahayanya.
  • Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk.
  • Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah penyebaran penyakit demam berdarah.
  • Tuliskan semua informasi tersebut dalam sebuah karton. Contoh poster.
  • (Creativity and Innovation)
  •  Menjaga lingkungan adalah tugas kita semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun apabila kita ingin menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa yang santun.
  • Siswa melanjutkan kegiatan untuk berlatih memberi saran pada tetangga.


Ayo Berlatih 
Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian.
3 × 412 = 1.236
4 × 321 = 1.284
2 × 123 = 246
3 × 222 = 666
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                             Guru Kelas 


 ..........................                                                                              .......................

 NIP. ..................                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel