RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 1
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai
Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan
dalam Keberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis dengan mandiri.
2. Setelah membaca, siswa mampu
menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera
pendengaran dengan runtut.
4. Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke
indera pendengaran dengan sistematis.
5. Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda
agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6. Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman
berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan
mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa
diingatkan kembali tentang keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas
bangsa Indonesia. (Mengamati)
§
Guru
mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)
-
Siapa
di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu?
Budha? Kong Hu Chu?
-
Bagaimana
sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama?
§
Siswa
diminta untuk saling menginformasikan pengalaman mereka saat berinteraksi
dengan teman yang memiliki agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa
diminta untuk membaca senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama
dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian
menuliskannya pada diagram yang tersedia. Literasi
§
Siswa
diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
§
Guru
mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka. (Menanya)
-
Bagaimana
kita dapat mengetahui asal sumber bunyi?
§
Siswa
secara berpasangan akan melakukan percobaan sederhana untukmembuktikan
tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telingapendengar. Collaboration
§
Siswa
melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi
berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§
Siswa
kemudian menuliskan laporan tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan.
Critical Thinking and
Problem Solving
§
Siswa
diingatkan kembali tentang keragaman agama yang menjadi identitas bangsa
Indonesia. Perbedaan agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk
melaksanakan sikap toleransi, saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna
menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas
§
Siswa
membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antarpemeluk agama
yang berbeda. Literasi
§
Siswa
secara berpasangan atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa
ditauladani dari isi cerita Gotong Royong
§
Memberikan
penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikaptoleransi dan kerja sama
antar teman yang berbeda agama. Integritas
§
Siswa
kemudian menjawab pertanyaan tentang sikap toleransi dan kerja sama mereka
selama ini, di dalam buku yang tersedia. (Menanya)
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam
dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc