Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 1

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                    :  1
Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2.    Setelah membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
4.    Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.
5.    Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6.    Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali tentang keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati)
§  Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)
-       Siapa di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu? Budha? Kong Hu Chu?
-       Bagaimana sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama?
§  Siswa diminta untuk saling menginformasikan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan teman yang memiliki agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta untuk membaca senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian menuliskannya pada diagram yang tersedia. Literasi
§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka. (Menanya)
-       Bagaimana kita dapat mengetahui asal sumber bunyi?
§  Siswa secara berpasangan akan melakukan percobaan sederhana untukmembuktikan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telingapendengar. Collaboration
§  Siswa melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§  Siswa kemudian menuliskan laporan tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa diingatkan kembali tentang keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi, saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas
§  Siswa membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antarpemeluk agama yang berbeda. Literasi
§  Siswa secara berpasangan atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita  Gotong Royong
§  Memberikan penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikaptoleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama. Integritas
§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan tentang sikap toleransi dan kerja sama mereka selama ini, di dalam buku yang tersedia. (Menanya)
150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD  Tema 1 
Subtema 2

Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel