RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 6
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan
Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam
keberagaman agama.
2.
Dengan membaca teks tentang persahabatanUdin, Edo, dan
Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama
dalam keberagaman agama.
3.
Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah
Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
untuk membuat ringkasan secara terstruktur.
4.
Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah
Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung secara tertstruktur.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan
keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru
mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru mengajukan pertanyaan:
- Apakah kamu pernah bekerja
sama dengan orang yang berbeda-beda?
-
Sikap apa yang perlu kamu tunjukkan ketika bekerja sama?
§
Siswa diminta mengamati gambar
dan teks sederhana pada buku siswa.Communication
§
Siswa diminta menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.Mandiri
§
Siswa menceritakan secara
tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda
agama.Literasi
§
Guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa:
- Apakah
kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
- Apa
hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut?
§
Siswa diminta mendiskusikan
dengan teman secara berpasangan jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru di
atas.Collaboration
§
Siswa diminta membuat
ringkasan dari cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang.Mandiri
§
Siswa diminta kembali membaca
cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’.Literasi
§
Siswa melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.Critical
Thinking and Problem Solving
§
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku
guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc