RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 2
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai
Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan
dalam Keberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan
hitungan dengan tepat.
3. Setelah membaca teks dan berdikusi,
siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan
terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan
keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa
membaca senyap teks tentang Tong Sampah Gotong Royong. (Mengamati) Literasi
§
Setelah
membaca teks, siswa secara individu mengidentifikasi keberagaman, kerjasama
dan manfaatnya. Siswa menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku
siswa.
§
Guru
meminta siswa untuk duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
Siswa akan menyampaikan hasil pekerjaannya kepada teman dalam kelompok.
Kelompok akan menghasilkan satu produk yang merupakan kesepakatan setiap
anggotanya. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa
menuliskan kembali hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman,
kerjasama dan manfaatnya pada kertas kalender. Integritas
§
Hasil
produk siswa di tempel di dinding kelas.
§
Setiap
anggota kelompok akan melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.
§
Guru
dan siswa menyimpulkan secara klasikal.
§
Guru
bisa memberikan pertanyaan kepada siswa:
- Apa itu kerjasama?
- Apa manfaat kerjasama?
- Bagaimana cara kita supaya
bisabekerjasama dalam keberagaman.
§
Siswa
secara individu mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yangada di
lingkungannya. Siswa juga menuliskannya di buku siswa. Produk iniakan dinilai
dengan penilai 1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan.Siswa bisa
menuliskan dalam bentuk grafik yang disiapkan. Mandiri
§
Hal-hal
yang ada dalam tulisan siswa adalah hal yang kamu tulis.
1.
Keberagaman
di lingkunganmu.
2.
Satu
contoh bentuk kerjasama dan menjelaskannya.
3.
Contoh
3 (tiga) sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saatkerjasama.
4.
Manfaat
kerjasama.
5.
Kesimpulan
(apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalamkeberagaman).
§
Siswa
mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.
§
Guru
meminta 8 siswa untuk maju ke depan. Guru mengarahkan delapan siswa tersebut
untuk menari dengan formasi. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Siswa yang
lain mengamati. (Mengekplorasi)
§
Siswa
dengan kelompoknya akan mempraktikkan formasi gerakan. Gurumemberikan aba-aba
dengan hitungan. Collaboration
§
Ketika
sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringanmusik dan
hitungan dari guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringidengan musik. Mandiri
§
Guru
menguatkan siswa untuk menari dengan kompak dan gerakan yangbenar.
§
Guru
juga memotivasi siswa untuk menghayati tarian.
§
Setiap
kelompok diminta maju ke depan untuk mempraktikkan formasiberdiri. Siswa
kelompok lain memberikan komentar. Gotong
Royong
§
Setiap
kelompok juga mendata keperluan menari misalkan kostumdan aksesoris. Kostum
diharapkan tidak beli atau menyewa siswa bisamenggunakan baju yang sama dan
diberi hiasan dari barang-barang bekasatau yang sudah tersedia. Integritas
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam
dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc