Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 2

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                    :  2
Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati contoh, siswa mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
2.    Setelah mengamati contoh, siswa mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.
3.    Setelah membaca teks dan berdikusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca senyap teks tentang Tong Sampah Gotong Royong. (Mengamati) Literasi
§  Setelah membaca teks, siswa secara individu mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa.
§  Guru meminta siswa untuk duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa akan menyampaikan hasil pekerjaannya kepada teman dalam kelompok. Kelompok akan menghasilkan satu produk yang merupakan kesepakatan setiap anggotanya.  (Mengkomunikasikan)
§  Siswa menuliskan kembali hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya pada kertas kalender. Integritas
§  Hasil produk siswa di tempel di dinding kelas.
§  Setiap anggota kelompok akan melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.
§  Guru dan siswa menyimpulkan secara klasikal.
§  Guru bisa memberikan pertanyaan kepada siswa:
- Apa itu kerjasama?
- Apa manfaat kerjasama?
- Bagaimana cara kita supaya bisabekerjasama dalam keberagaman.
§  Siswa secara individu mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yangada di lingkungannya. Siswa juga menuliskannya di buku siswa. Produk iniakan dinilai dengan penilai 1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan.Siswa bisa menuliskan dalam bentuk grafik yang disiapkan. Mandiri
§  Hal-hal yang ada dalam tulisan siswa adalah hal yang kamu tulis.
1.    Keberagaman di lingkunganmu.
2.    Satu contoh bentuk kerjasama dan menjelaskannya.
3.    Contoh 3 (tiga) sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saatkerjasama.
4.    Manfaat kerjasama.
5.    Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalamkeberagaman).
§  Siswa mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.
§  Guru meminta 8 siswa untuk maju ke depan. Guru mengarahkan delapan siswa tersebut untuk menari dengan formasi. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Siswa yang lain mengamati. (Mengekplorasi)
§   Siswa dengan kelompoknya akan mempraktikkan formasi gerakan. Gurumemberikan aba-aba dengan hitungan. Collaboration
§   Ketika sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringanmusik dan hitungan dari guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringidengan musik. Mandiri
§   Guru menguatkan siswa untuk menari dengan kompak dan gerakan yangbenar.
§   Guru juga memotivasi siswa untuk menghayati tarian.
§   Setiap kelompok diminta maju ke depan untuk mempraktikkan formasiberdiri. Siswa kelompok lain memberikan komentar. Gotong Royong
§   Setiap kelompok juga mendata keperluan menari misalkan kostumdan aksesoris. Kostum diharapkan tidak beli atau menyewa siswa bisamenggunakan baju yang sama dan diberi hiasan dari barang-barang bekasatau yang sudah tersedia. Integritas
150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 



 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD  Tema 1 
Subtema 2

Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel