RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 1 (Berbagi RPP)
Minggu, 26 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 1 - Berbagir RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia
secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah
paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara
menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
2.
Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan
siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan
yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
·
Siswa mengamati gambar
dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
·
Biarkan siswa
mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
·
selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
.
A.
Ayo
Menulis
·
Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri
siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
B.
Ayo Berdiskusi
·
Siswa membentuk
kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide
pokok bacaan.
· Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
· Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat
yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
· Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta
diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
· Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah
diambil.
· Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa memahami konsep
dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.
-
Kemandirian dalam
mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
-
Kemandirian dan
ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa mengisi tabel
mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak
manusia dan hewan.
Catatan :
·
Kegiatan ini merupakan
media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan
dipahami siswa.
·
Pada ativitas ini
lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
·
Sebagai tindaklanjut
dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan
tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa meningkatkan
kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.
C. Keja Sama Dengan Orang Tua
·
Dengan bantuan orang
tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil yang diharapkan
-
Mengetahui organ gerak
hewan.
-
Menambah rasa ingin
tahu.
-
Kerja sama.
-
Keterampilan mengumpulkan
dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3