RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 3
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan fungsi sifat
bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan lengkap.
2.
Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang
sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.
3.
Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis dengan mandiri.
4.
Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu
menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan
keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber
bunyi hingga sampai ke indera pendengar. Communication
§ Guru mengajukan pertanyaan
sebagai kegiatan pembuka: (Menanya)
-
Apa yang kamu ketahui tentang fungsi dari setiap
alat/organ dari indera pendengaran?
-
Bagaimana cara merawat telinga sebagai indera yang sangat
penting bagi kita?
§ Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok kecil dan diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia
. Collaboration
§ Siswa bersama guru secara
klasikal kemudian menyimpulkan hasil diskusitentang pentingnya merawat indera
pendengaran. Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa mempraktikkan
permainan sumber bunyi di luar kelas. Sebelumnya,guru meminta mereka untuk
membaca aturan main. Apabila telah siap,guru dapat mengajak siswa keluar
untuk bermain. Creativity and Innovation
§ Siswa diingatkan kembali tentang
gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran
sebelumnya. Communication
§ Siswa membaca senyap teks
berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran
sebelumnya. Literasi
§ Siswa menemukan gagasan
pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta
pikiran yang tersedia. Creativity and Innovation
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a
penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc