Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 4.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                    :  4
Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
2.    Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.
3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4.    Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.Integritas
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks yang ada di buku siswa. Literasi
§  Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan. Siswa yang ditunjuk kemudian melanjutkan bacaan siswa sebelumnya. (Mengomunikasikan)
§  Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf dengan hati-hati. Mandiri
§  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa.
§  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan jawabannya (fokus 1 paragraf) di depan. Siswa juga menyampiakan persamaan dan perbedaan jawabannya dengan temannya. (Mengekplorasi)
§  Di akhir sesi, guru menanyakan bagaimana menemukan gagasan pokok? Bagaimana menemukan gagasan pendukung? Siswa bisa menyampaikan jawabannya. Guru menguatkan berbagai cara untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. (Menanya)
§  Siswa akan dibagi ke dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok guru meminta siswa mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia. Collaboration
§  Setiap kelompok ditugaskan untuk mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya kepada pegawai sekolah, mencari informasi di buku atau bahan bacaan. Siswa juga bisa bertanya ke siswa lain. Mandiri
§  Siswa menulis hasil temuaanya di buku siswa. Hal-hal yang harus ditulis adalah pengertian, contoh, kegiatan yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari kegiatan ini. Mandiri
§  Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.Collaboration
§  Kelompok lain bisa memberikan masukan atau menceritakanpengalamannya.Literasi
§  Guru menguatkan bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah halbaik yang harus tetap kita lestarikan. Guru memotivasi siswa jika adakegiatan tersebut di lingkungannya bisa ikut membantu

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD  Tema 1 
Subtema 2

Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel