RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 4.
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai
Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan
dalam Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
2. Setelah membaca teks siswa mampu
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah
disiapkan dengan sistematis.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4. Setelah mencari informasi, siswa mampu
mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti,
siskamling, gotongroyong, dll.).
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan
mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.Integritas
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa membaca teks yang ada di buku
siswa. Literasi
§ Siswa membaca teks dengan membaca
berantai. Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan. Siswa yang
ditunjuk kemudian melanjutkan bacaan siswa sebelumnya. (Mengomunikasikan)
§ Guru meminta setiap siswa untuk
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf
dengan hati-hati. Mandiri
§ Siswa menuliskan gagasan pokok dan
gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa.
§ Guru meminta siswa untuk
mempresentasikan jawabannya (fokus 1 paragraf) di depan. Siswa juga
menyampiakan persamaan dan perbedaan jawabannya dengan temannya. (Mengekplorasi)
§ Di akhir sesi, guru menanyakan
bagaimana menemukan gagasan pokok? Bagaimana menemukan gagasan pendukung?
Siswa bisa menyampaikan jawabannya. Guru menguatkan berbagai cara untuk
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. (Menanya)
§ Siswa akan dibagi ke dalam kelompok.
Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok guru meminta siswa
mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia. Collaboration
§ Setiap kelompok ditugaskan untuk
mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya
kepada pegawai sekolah, mencari informasi di buku atau bahan bacaan. Siswa
juga bisa bertanya ke siswa lain. Mandiri
§ Siswa menulis hasil temuaanya di
buku siswa. Hal-hal yang harus ditulis adalah pengertian, contoh, kegiatan
yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari kegiatan
ini. Mandiri
§ Setiap kelompok mempresentasikan hasil
pekerjaannya di depan kelas.Collaboration
§ Kelompok lain bisa memberikan masukan
atau menceritakanpengalamannya.Literasi
§ Guru menguatkan bahwa
kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah halbaik yang harus tetap kita lestarikan.
Guru memotivasi siswa jika adakegiatan tersebut di lingkungannya bisa ikut
membantu
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡ Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc