Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 5

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                    :  5
Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2.    Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3.    Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.    Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Guru mengajukan pertanyaan:
§  Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa yang telah kamu pelajari sebelumnya?
§  Siswa diajak berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati )
§  Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi)
§  Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik. Gotong Royong
§  Setelah selesai berlatih tari, guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya. Integritas
§  Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah perbedaan.(Menganalisa)
§  Siswa diminta membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang pernah mereka saksikan. Mandiri
§  Siswa menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang telah mereka buat. (Mengekplorasi)
§  Siswa mempresentasikan dan mendiskusikan secara berkelompok cerita yang telah mereka tulis. Collaboration
§  Siswa diminta mencari tahu lebih lanjut dan menggali dari berbagai sumber informasi tentang keragaman umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data)
§  Siswa diminta menuliskan informasi yang mereka peroleh pada kertas HVS.
§  Siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD  Tema 1 
Subtema 2

Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel