RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 5
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai
Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan
dalam Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2. Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3. Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4. Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikansalam dan
mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru mengajukan pertanyaan:
§ Apakah kamu masih ingat gerakan tari
Bungong Jeumpa yang telah kamu pelajari sebelumnya?
§ Siswa diajak berdiskusi tentang
gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang
keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati )
§ Siswa memperagakan secara
berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi)
§ Setelah cukup menguasai gerakan,
siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik. Gotong Royong
§ Setelah selesai berlatih tari, guru
memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli
dan menghargai keragaman budaya. Integritas
§ Setelah berlatih menari, siswa
diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar
kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab
untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah
perbedaan.(Menganalisa)
§ Siswa diminta membuat gambar yang
berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang
pernah mereka saksikan. Mandiri
§ Siswa menceritakan secara tertulis
tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang pernah
kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang telah
mereka buat. (Mengekplorasi)
§ Siswa mempresentasikan dan
mendiskusikan secara berkelompok cerita yang telah mereka tulis. Collaboration
§ Siswa diminta mencari tahu lebih
lanjut dan menggali dari berbagai sumber informasi tentang keragaman umat
beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat
beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data)
§ Siswa diminta menuliskan informasi
yang mereka peroleh pada kertas HVS.
§ Siswa mempresentasikan informasi
yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡
Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
- 4.1.3.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.3.Pertemuan Ke 6 .doc