Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 1

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                       : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                :  1 hari

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah mendengarkan teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram. 
2.     Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan, siswa mampu mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan  vivipar serta manfaatnya.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
5.     Setelah membaca teks tentang ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·         Guru membawa gambar salah satu jenis hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, misalnya ikan.
·         Guru mengajukan pertanyaan:
‘Apa yang kalian ketahui tentang hewan ini?’


‘Apa manfaatnya dalam kehidupanmu?’
 ‘Apa yang ingin kalian ketahui tentang hewan sebagai sumber makanan?’
(CriticalThinking and Problem Formulation)
·         Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang hewan.

Ayo Mengamati
·         Siswa diminta untuk membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
·         Setiap siswa kemudian menulis hewan yang ada di sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan mendiskusikan dengan teman kelompok. (Mandiri, Critical Thinming and Problem Formulation)
·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
·         Siswa menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan kepada teman kelasnya. Guru membimbing diskusi secara klasikal.
Ayo Membaca
·         Setelah siswa membaca teks tentang kegiatan ekonomi di  negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. 
·         Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan ekonominya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya.
·         Guru memberikan penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN.
·         Pada pertemuan sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial budayanya.
·         Untuk melengkapi informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman di sebelahnya.
Ayo Menulis
·         Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut.
·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·         Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.  Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. (Critical Thinking, Mandiri)
·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                           
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 2

RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 3
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 4

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel