RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 1
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan
Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengarkan teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide
pokok dengan bantuan diagram.
2. Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan, siswa mampu
mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu mengklasifikasi hewan berdasarkan cara
perkembangbiakannya secara ovipar dan
vivipar serta manfaatnya.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan berdasarkan cara
perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan manfaatnya dengan
benar.
5. Setelah membaca teks tentang ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan
ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan
ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui
diagram Venn.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·
Guru membawa gambar
salah satu jenis hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan,
misalnya ikan.
·
Guru mengajukan
pertanyaan:
‘Apa yang kalian ketahui tentang
hewan ini?’
‘Apa manfaatnya dalam
kehidupanmu?’
‘Apa yang ingin kalian ketahui tentang hewan
sebagai sumber makanan?’
(CriticalThinking and
Problem Formulation)
·
Guru kemudian
menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan
belajar tentang hewan.
Ayo Mengamati
·
Siswa diminta untuk
membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN yang ada pada
buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
·
Setiap siswa kemudian
menulis hewan yang ada di sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan
mendiskusikan dengan teman kelompok. (Mandiri,
Critical Thinming and Problem
Formulation)
·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
·
Guru mengajak satu
atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan
kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi
kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain
untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
·
Siswa menuliskan
manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan
kepada teman kelasnya. Guru membimbing diskusi secara klasikal.
Ayo Membaca
·
Setelah siswa membaca
teks tentang kegiatan ekonomi di
negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.
·
Dalam kelompoknya,
setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan
kehidupan ekonominya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa
yang dibacanya.
·
Guru memberikan
penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN.
·
Pada pertemuan
sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial
budayanya.
·
Untuk melengkapi
informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan
negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Siswa menyampaikan hasilnya
kepada teman di sebelahnya.
Ayo Menulis
·
Pada kesempatan ini,
guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru
membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut.
·
Sebelum membaca teks,
guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa
semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·
Siswa kemudian
mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya
apabila perlu. Berdasarkan jawaban
tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan
kosakata baku. (Critical Thinking, Mandiri)
·
Guru menyampaikan
daftar periksa penilaian kepada siswa.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc