RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 2 (Berbagi RPP)
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 2 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun
dan merangkai sebuah cerita secara runtut.
2. Dengan menceritakan sebuah gambar, siswa mampu
mengolah informasi dan menjadi sebuah cerita secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan
organ gerak hewan beserta fungsinya secara tepat.
4. Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
gerak ikan di air secara tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Mengamati
B. Ayo Berlatih
Catatan:
C. Ayo berkreasi
·
Guru memastikan bahwa
siswa telah memahami organ gerak hewan vertebrata.
·
Setelah benar-benar
paham, guru meminta siswa membuat model sederhana organ gerak salah satu
hewan avertebrata.
·
Siswa mencermati
langkah-langkah kerja dan contoh yang ada pada buku siswa.
·
Kegiatan ini juga bisa
menjadi alternatif sebagai tugas rumah.
D. Ayo Membaca
Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1, Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
2. Alternatif 2, Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan
meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3, Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung
oleh seluruh siswa.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa saja yang
dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara
merawat rangka tubuhmu?
·
Secara mandiri siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah
didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
·
Guru mengidentifikasi
dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengatahui sejauh mana
tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan
sehat (misalnya bermain dengan bola besar) serta cara merawat rangka tubuh
manusia.
E.
Kerja Sama Orang Tua
Hasil yang diharapkan
-
Menjaga hubungan baik
dan kedekatan dengan orang tua.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc