Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 6

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                       : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu            : PPkN,  Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke            :  6
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah mendengar teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan detail.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Membaca
·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.
·         Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan membuat kesimpulan.
·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.


·         Siswa kemudian mendiskusikan kesimpulannya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. 
·         Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya.
·         Secara individu siswa menuliskan kesimpulan secara utuh.  Siswa diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.
(Creativity and Innovation, Mandiri)

 Ayo Menulis
·         Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaannya.
·         Guru memimpin berdiskusi secara klasikal dan meminta mereka untuk saling mengomentari pendapatnya.
·         Setiap siswa kemudian menulis terkait dengan rencana penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari. (Mandiri)   
·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Ayo Renungkan
·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
B.    dengan Orang Tua 
·         Siswa diminta mengamati lingkungan di sekitar tentang pengamalan sila kelima. Siswa mencatat hal baik apa yang dapat dicontoh.
·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.
C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi
D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................


RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 2

RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 3
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel