RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 6
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide
pokok dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang
dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan detail.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo
Membaca
·
Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam
hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.
·
Pada kesempatan ini guru
menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru
membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan membuat kesimpulan.
·
Sebelum membaca teks, guru
mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua
siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·
Siswa kemudian
mendiskusikan kesimpulannya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki
jawabannya apabila perlu.
·
Secara klasikal siswa
mendiskusikan hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan
kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki
pekerjaannya.
·
Secara individu siswa
menuliskan kesimpulan secara utuh.
Siswa diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata
baku.
(Creativity and Innovation, Mandiri)
Ayo
Menulis
·
Guru dapat memulai
kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk membaca teks bacaan dan
menjawab pertanyaannya.
·
Guru memimpin berdiskusi
secara klasikal dan meminta mereka untuk saling mengomentari pendapatnya.
·
Setiap siswa kemudian
menulis terkait dengan rencana penerapan sila kelima dalam kehidupan
sehari-hari. (Mandiri)
·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu mereka menyampaikannya kepada
guru.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru.
B.
dengan Orang Tua
·
Siswa diminta
mengamati lingkungan di sekitar tentang pengamalan sila kelima. Siswa
mencatat hal baik apa yang dapat dicontoh.
·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada guru.
C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi
D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc