RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 3 (Berbagi RPP)
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati teks, siswa mampu
mengidentifikasi sikap-sikap yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara
tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa
sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.
- Dengan membaca teks, siswa menemukan contoh
perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar.
- Dengan membaca dan menulis, siswa mampu
menentukan ide pokok dari teks secara benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
·
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan
memberikan narasi tentang contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila Pancasila, yakni membantu orang yang membutuhkan.
·
Secara interaktif,
guru memberikan penjelasan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila.
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
Catatan:
·
Berikan umpan balik di
sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan mengemukakan pendapat.
·
Pada kegiatan Ayo
Membaca, siswa membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila.
Ayo Berdiskusi
·
Siswa diminta
menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
Catatan:
·
Berikan umpan balik di
sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
·
Kegiatan ini bisa
dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat kedalaman
dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapannya.32 Buku Guru SD/MI Kelas V
Alternatif Jawaban
Ayo Menulis
·
Kegiatan Ayo Menulis,
siswa menuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
·
Siswa bisa
memperhatikan perilaku orang-orang di sekitarnya, baik di sekolah, rumah,
maupun masyarakat.
A. Ayo Berdiskusi
·
Setelah siswa diminta
membuat daftar kebutuhan anggota keluarganya yang diperoleh dari daerah lain.
B. Ayo Mencoba
·
Siswa menggambar peta
wilayah RT tempat tinggalnya.]
·
Guru berkeliling dan
memandu siswa yang mengalami kesulitan.
·
Guru mengkonfirmasi
dan mengapresiasi setiap gambar siswa siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa mengenal wilayah
tempat tinggalnya.
-
Siswa mampu menggambar
dengan baik sesuai dengan pengamatannya, imajinasi, dan kreativitasnya.
C. Ayo Renungkan
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa yang kamu pelajari pada
hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
·
Secara mandiri siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah
didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
·
Siswa mengemukakan
pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan
kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan isi
informasidari teks tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap alam dan
memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui
pengamatan.
D. Kerja Sama Orang Tua
·
Bersama dengan orang
tua siswa mengamati dan
mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
·
Selesai melakukan
pengamatan, siswa menggambar peta kondisi geografis wilayah tempat
tinggalnya.
·
Untuk mengoptimalkan
kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang tuanya.
Hasil yang diharapkan
-
Mengidentifikasi
kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
-
Adanya kerja sama
dengan orang tua.
|
||
Penutup
|
1.
Siswa mampu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc