Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 3 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati teks, siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap  yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.
  2. Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca teks, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar.
  4. Dengan membaca dan menulis, siswa mampu menentukan ide pokok dari teks secara benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Langkah-Langkah Pembelajaran
·         Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi tentang contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yakni membantu orang yang membutuhkan.
·         Secara interaktif, guru memberikan penjelasan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
Catatan:
·         Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengemukakan pendapat.
·         Pada kegiatan Ayo Membaca, siswa membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
        Ayo Berdiskusi
·      Siswa diminta menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
Catatan:
·         Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
·         Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat kedalaman dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapannya.32 Buku Guru SD/MI Kelas V
Alternatif Jawaban
    Ayo Menulis
·         Kegiatan Ayo Menulis, siswa menuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
·         Siswa bisa memperhatikan perilaku orang-orang di sekitarnya, baik di sekolah, rumah, maupun masyarakat.
A. Ayo Berdiskusi
·         Setelah siswa diminta membuat daftar kebutuhan anggota keluarganya yang diperoleh dari daerah lain.

B. Ayo Mencoba
·         Siswa menggambar peta wilayah RT tempat tinggalnya.]

·         Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
·         Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap gambar siswa siswa.
Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengenal wilayah tempat tinggalnya.
-          Siswa mampu menggambar dengan baik sesuai dengan pengamatannya, imajinasi, dan kreativitasnya.

C. Ayo Renungkan
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
·         Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
·         Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan isi informasidari teks tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap alam dan memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan.

D. Kerja Sama Orang Tua
·         Bersama dengan orang tua siswa  mengamati dan mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
·         Selesai melakukan pengamatan, siswa menggambar peta kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
·         Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang tuanya.
Hasil yang diharapkan
-          Mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
-          Adanya kerja sama dengan orang tua.

Penutup
1.    Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1Lembar Kelas 5


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 



 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 1

RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel