Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 5 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia Tema 1)
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar , siswa dapat merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.
  2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata.
  3. Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf dengan tanggung jawab.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
15 menit
Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
·         Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk mecermati gambar ilustrasi.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan terhadap gambar yang diamatinya.
·         Setelah semua siswa memberikan tanggapan, guru memberikan penguatan dan penjelasan gambar dan kaitannya dengan materi yang akan dipelajari.
·         Setelah semua siswa memahami apa yang dimaksud guru, siswa kembali mengamati gambar untuk kemudian dibandingkan.
A.   Ayo Mengamati
·       Siswa memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan hewan siput yang merupakan hewan avertebrata.
·       Selesai mengamati gambar, siswa menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput.
B.   Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati rangka organ gerak berbagai hewan avertebrata secara seksama.
  • Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata beserta fungsinya.
  • Kegiatan ini bisa dilakukan dengan alternatif pembelajaran seperti berikut.
  • Siswa dapat mencari informasi dan data dengan melakukan studi pustaka, wawancara, maupun observasi.   
C.   Ayo Berkreasi
  • Siswa menggambar atau membuat model sederhana organ gerak siput.
  • Agar kegiatan pembelajaran ini dapat berlangsung dengan menarik dan tidak membosankan, maka dapat dilakukan di luar kelas.
D.   Ayo Berdiskusi
  • Siswa menceritakan gambar yang telah dibuatnya dihadapan guru dan teman-temannya.
E.    Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah".
  • Selesai membaca siswa menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan secara mandiri.
  • Guru memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
F.    Ayo Berkreasi
  • Siswa mempelajari beberapa hal mengenai beragam gaya gambar dan ilustrasi.
  • Siswa membuat gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi dan informasi bacaan berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah" dengan gaya atau corak yang telah dipelajari.

G.   Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Siswa bersama orang tuanya melakukan kegiatan mengamati hewan-hewan di sekitar rumah dan mengelompokkan hewan-hewan mana yang termasuk hewan avertebrata.
140 menit

Penutup
1.    Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15   enit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1Lembar Kelas 5


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 



 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel