RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 5 (Berbagi RPP)
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati gambar , siswa dapat
merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata.
- Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide
pokok dari masing-masing paragraf dengan tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar
pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini
menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca
judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
·
Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa
untuk mecermati gambar ilustrasi.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk memberikan tanggapan terhadap gambar yang
diamatinya.
·
Setelah semua siswa memberikan tanggapan,
guru memberikan penguatan dan penjelasan gambar
dan kaitannya dengan materi yang akan dipelajari.
·
Setelah semua siswa memahami apa yang
dimaksud guru, siswa kembali mengamati gambar untuk kemudian dibandingkan.
A.
Ayo Mengamati
· Siswa
memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan hewan siput
yang merupakan hewan avertebrata.
·
Selesai mengamati
gambar, siswa menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput.
B.
Ayo Mengamati
C.
Ayo Berkreasi
D.
Ayo Berdiskusi
E.
Ayo Membaca
F.
Ayo Berkreasi
G.
Kerja Sama dengan
Orang Tua
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mampu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 enit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc