Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyusun cerita secara benar.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok masing-masing paragraf secara percaya diri.
  3. Dengan membandingkan, siswa dapat menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata secara tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  6. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Inti
A.   Ayo Berkreasi
  • Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Pergunakan gambar (pengamatan gambar)  yang tersedia untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa. Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai gambar cerita.
                                     Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilakukan
  • Setelah mengamati gambar, siswa menyusun cerita berdasarkan gambar.
  • Kegiatan menyusun cerita ini diawali dengan menentukan ide pokoknya terlebih dulu.
B.   Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks Gerak Kupu-Kupu.
  • Selesai membaca, secara mandiri siswa mencari dan menuliskan ide pokok bacaan.
C.   Ayo Mengamati
  • Guru memberikan kesempatan bagi masing-masing siswa untuk kembali mengingat tentang organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
  • Siswa membandingkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
D.   Ayo Berkreasi
·         Setelah membandingkan antara hewan vertebrata dengan avertebrata, siswa membuat model sederhana salah satu hewan yang termasuk vertebrata dan salah satu hewan yang termasuk avertebrata. Model sederhana ini dibuat dengan bahan kawat.
·         Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, atau aula.

E.    Ayo Renungkan
  • Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  • Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini organ gerak hewan.
  • Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku menyayangi hewan.

F.    Kerja Sama dengan Orang Tua
-        Siswa diminta untuk mengajak orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk menyayangi hewan.untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya.
140 menit

Penutup
1.    Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15   enit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1Lembar Kelas 5


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 



 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 1

RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel