RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 4
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan
Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar teks laporan yang dibaca, siswa mampu menemukan ide pokok
dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang
dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3. Setelah membaca teks bacaan, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan
sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berdiskusi
·
Siswa memulai kegiatan dengan membaca teks bacaan dan
menjawab pertanyaan serta mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
·
Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru
meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain
bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
·
Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan
sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. (HOST)
·
Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam
penilaian.
·
Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali
tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila keempat.
Ayo Menulis
·
Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada
siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus
menyimaknya dan mengisi diagram berikut. (Creativity and Innovation)
·
Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk
menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar
suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·
Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan ide pokok yang ada, setiap
siswa kemudian membuat kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.
·
Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc