RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 3
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan
Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara
perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya
dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan ovipar,
vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya melalui peta pikiran dengan benar.
3. Setelah mendengarkan teks tentang hewan, siswa mampu menemukan ide pokok
dan menyajikan dalam bentuk diagram.
4. Setelah menemukan ide pokok dari teks tentang hewan yang dibacakan, siswa
mampu mengembangkannya dengan menggunakan kalimat sendiri secara rinci.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berlatih
·
Guru menempel gambar tiga binatang dengan perkembangbiakan
ovipar, vivipar, dan ovovivipar pada papan tulis.
·
Di dalam kelompok siswa mendiskusikan ketiga binatang
tersebut.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
·
Guru memberi informasi kepada siswa bahwa mereka akan
belajar tentang perkembangbiakan hewan lainnya, yaitu ovovivipar. Siswa
diminta membaca lagi perkembangbiakan ini pada buku teks di pembelajaran
sebelumnya.
·
Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta
mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan
tentang perkembangbiakan hewan (apabila tersedia). Apabila tidak memiliki
sumber tersebut, guru dapat mendatangkan narasumber dari orangtua.
·
Setelah mengamati hewan di lingkungan sekolah dan mencari informasi
pada sumber lainnya, siswa mengisi peta pikiran pada buku dan menulis manfaat
perkembangbiakan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
Ayo Menulis
·
Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada
siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus
menyimaknya dan mengisi diagram berikut.
·
Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk
menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar
suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·
Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa
kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. (Critical Thinking, Creativity and Innovation)
·
Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc