Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 3

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                       : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke            :  3
Alokasi waktu                :  1 hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya melalui peta pikiran dengan benar.
3.     Setelah mendengarkan teks tentang hewan, siswa mampu menemukan ide pokok dan menyajikan dalam bentuk diagram. 
4.     Setelah menemukan ide pokok dari teks tentang hewan yang dibacakan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan kalimat sendiri secara rinci.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berlatih
·         Guru menempel gambar tiga binatang dengan perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar pada papan tulis. 
·         Di dalam kelompok siswa mendiskusikan ketiga binatang tersebut.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru memberi informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan hewan lainnya, yaitu ovovivipar. Siswa diminta membaca lagi perkembangbiakan ini pada buku teks di pembelajaran sebelumnya.
·         Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan hewan (apabila tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan narasumber dari orangtua.
·         Setelah mengamati hewan di lingkungan sekolah dan mencari informasi pada sumber lainnya, siswa mengisi peta pikiran pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Ayo Menulis
·         Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut.
·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.
·         Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.  Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku.  (Critical Thinking, Creativity and Innovation)
·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                           
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel