RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 5.
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu
menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya
dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
3. Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa mampu menemukan cara
membuat patung dengan tepat.
4. Dengan menggunakan bahan tanah liat atau lilin malam atau adonan play
dough, siswa mampu membuat patung dengan lebih terampil.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan kembali
mendiskusikan wilayahnya.
Ayo Membaca
·
Di awal pembelajaran, guru
meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa
membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
·
Guru mengingatkan siswa
untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara
ASEAN terkait kehidupan ekonominya. Siswa kemudian mendiskusikan isi bacaan
dengan teman kelompoknya.
·
Guru membimbing diskusi,
berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa
setiap anggota berpartisipasi aktif.
·
Guru dapat menawari mereka
untuk mencari informasi lebih melalui guru atau bahan bacaan lain apabila
tersedia.
·
Seperti biasa, guru
menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
·
Guru kemudian mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.
Ayo Berkreasi
·
Siswa diingatkan untuk
mengambil model patung dan melanjutkan pengerjaannya.
·
Guru berkeliling kelas
untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka
membutuhkan.
·
Setelah selesai dengan
kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan
pekerjaannya pada tempat semula.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc