Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 5.

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                       : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu            : PPkN,  Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke            :  5
Alokasi waktu                :  1 hari

A.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
3.     Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
4.     Dengan menggunakan bahan tanah liat atau lilin malam atau adonan play dough, siswa mampu membuat patung dengan lebih terampil.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan kembali mendiskusikan wilayahnya.

Ayo Membaca
·         Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
·         Guru mengingatkan siswa untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN terkait kehidupan ekonominya. Siswa kemudian mendiskusikan isi bacaan dengan teman kelompoknya.
·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.

·         Guru dapat menawari mereka untuk mencari informasi lebih melalui guru atau bahan bacaan lain apabila tersedia.
·         Seperti biasa, guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
·          Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.

Ayo Berkreasi
·         Siswa diingatkan untuk mengambil model patung dan melanjutkan pengerjaannya. 
·         Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.
·         Setelah selesai dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan pekerjaannya pada tempat semula.
(Creativity and Innovation)

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                           
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel