RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp)
Selasa, 04 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema
: Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu
mengidentifikasi Sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi siswa mampu
mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang melalui permainan menelusuri
jejak dengan baik.
3. Setelah membaca teks sederhana pada buku siswa,
siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan
tepat.
4. Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan
kata yang disusun dengan tepat.
5. Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat
mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan
tepat.
6. Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung
yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat gantungan kunci boneka kulit
jagung.
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
A. Ayo Mencoba
1.
Guru mengajak siswa
untuk bermain menelusuri jejak.
2.
Sebelumnya guru
mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
3.
Guru mengajak siswa
untuk berjalan mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap berjalan lentur
dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan.
4.
Guru mengajak siswa
untuk bermain menelusuri jejak.
5.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus
menyusuri tali rafia yang telah dipasang oleh guru.
6.
Setiap kelompok bertugas
untuk menyebutkan posisi akhir dari jejak yang mereka telusuri.
7.
Guru menyampaikan
bahwa diperlukan sikap berjalan seimbang agar dapat menyusuri jejak dengan
tepat.
8.
Guru juga menyampaikan
bahwa diperlukan kerjasama dengan teman kelompok agar tidak terjatuh saat
berjalan.
9.
Setelah seluruh siswa
menyimak peragaan guru, guru meminta siswa untuk membagi kelompok.
10. Setiap kelompok diminta untuk menyusuri jejak secara bergiliran.
11. Guru mengamati sikap berjalan siswa apakah seimbang atau tidak.
12. Selesai melakukan permainan, ajak siswa untuk melakukan pendinginan
sebelum kembali ke kelas.
B. Ayo Berlatih
1.
Setelah siswa berganti
pakaian dan berkumpul di kelas, guru mengajak siswa untuk bermain pilih kata.
2.
Siswa dibagi menjadi
dua kelompok dan duduk berbaris ke belakang.
3.
Permainan diawali
dengan menyanyikan lagu A-B-C
4.
Setelah lagu berakhir,
guru menyebutkan satu kata, misal BACA
5.
Siswa yang duduk
paling depan mewakili temannya mengangkat tangan agar guru dapat memilih
kelompok yang dapat menjawab lebih dulu.
6.
Siswa yang duduk
paling belakang harus menyebutkan kata lain yang pelafalan bunyinya sama
seperti pada kata baca, misalkan: Nama, Saya, Dada, Papa, Mama dan
sebagainya.
7.
Setelah menyebutkan
satu kata, siswa tersebut harus menepuk pundak temannya untuk menyebutkan
kata yang lain.
8.
Jika ada siswa yang
tidak dapat menyebutkan kata, maka kesempatan menjawab akan diberikan kepada
kelompok lainnya.
9.
Hitung jumlah kata
yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.
10. Lanjutkan permainan dengan kata yang lain, misal: Gula. Maka siswa dapat
menyebutkan kata Suka, Dua, Muda, Lupa dan sebagainya.
11. Kelompok yang menyebutkan kata paling banyak menjadi pemenangnya.
12. Selanjutnya minta siswa untuk melafalkan kata yang terdapat pada buku
siswa.
13. Guru memberikan contoh cara melafalkan kata yang terdapat pada buku dan
minta siswa untuk menirukannya.
14. Setelah selesai bermain, guru meminta siswa untuk bersiap-siap mengikuti
kegiatan berikutnya.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
C. Ayo Berkreasi
1.
Kegiatan dilanjutkan
dengan membuat prakarya dari kulit jagung. Sebelumnya guru menjelaskan
mengenai macam-macam makanan pokok di Indonesia bahwa jagung adalah salah
satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia.
2.
Guru mengajak siswa
untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
3.
Tunjukkan contoh
boneka kulit jagung dalam berbagai bentuk.
4.
Siswa diminta untuk
berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka.
(Creativity and
Innovation)
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp)"
Posting Komentar