Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  ....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu            :  1 Hari



A.   TUJUAN
1.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi Sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
2.    Setelah mengidentifikasi siswa mampu mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang melalui permainan menelusuri jejak dengan baik.
3.    Setelah membaca teks sederhana pada buku siswa, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
4.    Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
5.    Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
6.    Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat gantungan kunci boneka kulit jagung.

A.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

A.   Ayo Mencoba
1.    Guru mengajak siswa untuk bermain menelusuri jejak.
2.    Sebelumnya guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
3.    Guru mengajak siswa untuk berjalan mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan.
4.    Guru mengajak siswa untuk bermain menelusuri jejak.
5.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus menyusuri tali rafia yang telah dipasang oleh guru.
6.    Setiap kelompok bertugas untuk menyebutkan posisi akhir dari jejak yang mereka telusuri.
7.    Guru menyampaikan bahwa diperlukan sikap berjalan seimbang agar dapat menyusuri jejak dengan tepat.
8.    Guru juga menyampaikan bahwa diperlukan kerjasama dengan teman kelompok agar tidak terjatuh saat berjalan.
9.    Setelah seluruh siswa menyimak peragaan guru, guru meminta siswa untuk membagi kelompok.
10.  Setiap kelompok diminta untuk menyusuri jejak secara bergiliran.
11.  Guru mengamati sikap berjalan siswa apakah seimbang atau tidak.
12.  Selesai melakukan permainan, ajak siswa untuk melakukan pendinginan sebelum kembali ke kelas.

B.   Ayo Berlatih
1.    Setelah siswa berganti pakaian dan berkumpul di kelas, guru mengajak siswa untuk bermain pilih kata.
2.    Siswa dibagi menjadi dua kelompok dan duduk berbaris ke belakang.
3.    Permainan diawali dengan menyanyikan lagu A-B-C
4.    Setelah lagu berakhir, guru menyebutkan satu kata, misal BACA
5.    Siswa yang duduk paling depan mewakili temannya mengangkat tangan agar guru dapat memilih kelompok yang dapat menjawab lebih dulu.
6.    Siswa yang duduk paling belakang harus menyebutkan kata lain yang pelafalan bunyinya sama seperti pada kata baca, misalkan: Nama, Saya, Dada, Papa, Mama dan sebagainya.
7.    Setelah menyebutkan satu kata, siswa tersebut harus menepuk pundak temannya untuk menyebutkan kata yang lain.
8.    Jika ada siswa yang tidak dapat menyebutkan kata, maka kesempatan menjawab akan diberikan kepada kelompok lainnya.
9.    Hitung jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.
10.  Lanjutkan permainan dengan kata yang lain, misal: Gula. Maka siswa dapat menyebutkan kata Suka, Dua, Muda, Lupa dan sebagainya.
11.  Kelompok yang menyebutkan kata paling banyak menjadi pemenangnya.
12.  Selanjutnya minta siswa untuk melafalkan kata yang terdapat pada buku siswa.
13.  Guru memberikan contoh cara melafalkan kata yang terdapat pada buku dan minta siswa untuk menirukannya.
14.  Setelah selesai bermain, guru meminta siswa untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan berikutnya.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

C.   Ayo Berkreasi
1.    Kegiatan dilanjutkan dengan membuat prakarya dari kulit jagung. Sebelumnya guru menjelaskan mengenai macam-macam makanan pokok di Indonesia bahwa jagung adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia.
2.    Guru mengajak siswa untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
3.    Tunjukkan contoh boneka kulit jagung dalam berbagai bentuk.
4.    Siswa diminta untuk berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka.
(Creativity and Innovation)

    140
    menit
Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



   Mengetahui                                                                                                 ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 4 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel