RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp)
Selasa, 04 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mewawancarai
anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu
di rumah dengan benar
- Dengan menyimak dan
menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampu menceritakan pengalaman mengenal
kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat
- Melalui permainan menyusun
kata, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang
bermakna dengan tepat
- Setelah menyusun kata,
siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat
- Setelah mengamati cerita
yang terdapat pada buku, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan
dengan tepat
- Dengan mengIdentifikasi
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, siswa mampu menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
A. Ayo Mengamati
1.
Guru bercerita
mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya.
2.
Guru menyampaikan
bahwa setiap anggota keluarga memiliki kesukaan yang berbeda-beda namun tetap
saling menghargai satu sama lain. Lalu bagaimana dengan pengalaman siswa?
3.
Guru meminta siswa
untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh
anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. (Mandiri)
B. Ayo Mencoba
1.
Siswa diminta untuk
menuangkan hasil wawancara ke dalam bentuk gambar, komik, atau cerita untuk
dipresentasikan di depan kelas.
2.
Guru meminta siswa
untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara
bergiliran.
3.
Kegiatan dilanjutkan
dengan melakukan tanya jawab mengenai kegiatan yang disukai oleh siswa
seperti memelihara hewan, menggambar, bernyanyi dan lain sebagainya.
4.
Tanyakan ada berapa
orangkah siswa perempuan yang suka menggambar? Minta siswa tersebut untuk
maju ke depan kelas.
5.
Tanyakan kembali ada
berapa orangkah siswa laik-laki yang suka menggambar? Minta siswa tersebut
untuk maju ke depan kelas.
6.
Minta siswa untuk
menghitung seluruh siswa yang suka menggambar baik dari kelompok siswa
perempuan maupun siswa laki-laki.
7.
Tuliskan kalimat matematika
dari penjumlahan tersebut di papan tulis, misalkan 4 + 3 = 7
8.
Berikan permasalahan
lain sebagai contoh penjumlahan
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
C. Ayo Berlatih
1.
Guru menuliskan
berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
2.
Minta siswa untuk
mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera.
3.
Siapkan kartu huruf
dan minta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh
guru menggunakan kartu kata.
4.
Selanjutnya lakukan
permainan kartu huruf.
5.
Bagi siswa menjadi
kelompok berIsikan 4-5 orang siswa.(Gotong
Royong)
6.
Ajak siswa untuk
bermain di tempat yang terbuka atau cukup luas.
7.
Siapkan kartu huruf
secara acak di satu sudut.
8.
Guru memperkenalkan
aba-aba AMBIL, SUSUN, SEBUT.
9.
Jika guru memberi
instruksi AMBIL, maka setiap siswa dalam setiap kelompok mengambil kartu
huruf secara acak sebanyak 3 buah. Lakukan selama 10 detik saja.
10. Selanjutnya instruksi SUSUN, maka siswa dalam kelompok harus menyusun
kartu-kartu huruf yang diperoleh menjadi satu kata.
·
Catatan: Tidak seluruh
kartu harus digunakan, tapi diambil yang dapat disusun menjadi kata saja.
11. Siswa diminta berlatih melakukan penjumlahan.
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp)"
Posting Komentar