Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  ....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                            :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu             :  1 Hari



A.   TUJUAN
  1. Dengan mewawancarai anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu di rumah dengan benar
  2. Dengan menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampu menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat
  3. Melalui permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat
  4. Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat
  5. Setelah mengamati cerita yang terdapat pada buku, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan dengan tepat
  6. Dengan mengIdentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

A.   Ayo Mengamati
1.    Guru bercerita mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya.
2.    Guru menyampaikan bahwa setiap anggota keluarga memiliki kesukaan yang berbeda-beda namun tetap saling menghargai satu sama lain. Lalu bagaimana dengan pengalaman siswa?
3.    Guru meminta siswa untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. (Mandiri)

B.   Ayo Mencoba
1.    Siswa diminta untuk menuangkan hasil wawancara ke dalam bentuk gambar, komik, atau cerita untuk dipresentasikan di depan kelas.
2.    Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara bergiliran.
3.    Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab mengenai kegiatan yang disukai oleh siswa seperti memelihara hewan, menggambar, bernyanyi dan lain sebagainya.
4.    Tanyakan ada berapa orangkah siswa perempuan yang suka menggambar? Minta siswa tersebut untuk maju ke depan kelas.
5.    Tanyakan kembali ada berapa orangkah siswa laik-laki yang suka menggambar? Minta siswa tersebut untuk maju ke depan kelas.
6.    Minta siswa untuk menghitung seluruh siswa yang suka menggambar baik dari kelompok siswa perempuan maupun siswa laki-laki.
7.    Tuliskan kalimat matematika dari penjumlahan tersebut di papan tulis, misalkan 4 + 3 = 7
8.    Berikan permasalahan lain sebagai contoh penjumlahan
(Critical Thinking and Problem Formulation)
C.   Ayo Berlatih
1.    Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
2.    Minta siswa untuk mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera.
3.    Siapkan kartu huruf dan minta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh guru menggunakan kartu kata.
4.    Selanjutnya lakukan permainan kartu huruf.
5.    Bagi siswa menjadi kelompok berIsikan 4-5 orang siswa.(Gotong Royong)
6.    Ajak siswa untuk bermain di tempat yang terbuka atau cukup luas.
7.    Siapkan kartu huruf secara acak di satu sudut.
8.    Guru memperkenalkan aba-aba AMBIL, SUSUN, SEBUT.
9.    Jika guru memberi instruksi AMBIL, maka setiap siswa dalam setiap kelompok mengambil kartu huruf secara acak sebanyak 3 buah. Lakukan selama 10 detik saja.
10.  Selanjutnya instruksi SUSUN, maka siswa dalam kelompok harus menyusun kartu-kartu huruf yang diperoleh menjadi satu kata.
·         Catatan: Tidak seluruh kartu harus digunakan, tapi diambil yang dapat disusun menjadi kata saja.
11.  Siswa diminta berlatih melakukan penjumlahan.

    140
    menit
Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



   Mengetahui                                                                                                 ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 3 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel