RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp)
Selasa, 04 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
- Setelah mendengarkan
cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota
keluarga di rumah dengan tepat
- Dengan bermain peran,
siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antar seluruh anggota
keluarga di rumah dengan baik
- Setelah mengenal konsep
penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari
dua kelompok objek sejenis dengan tepat
- Dengan mengenal konsep
penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam
bentuk soal cerita dengan baik
- Setelah menyimak guru
membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang
ungkapan sayang dengan baik
- Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
A. Ayo Mengamati
1.
Lalu guru bercerita
mengenai anggota keluarganya yang memiliki jenis kelamin dan karakter atau
sifat yang berbeda.
2.
Guru merinci berbagai
karakter, misalkan sabar, penyayang, lembut, pemalu dan sebagainya serta
mendiskusikan artinya bersama dengan siswa.
3.
Guru meminta siswa
untuk menyebutkan anggota keluarga yang memiliki jenis kelamin berbeda dengan
siswa beserta karakternya.
4.
Sampaikan bahwa
meskipun memiliki karakter dan ciri yang berbeda namun keluarga harus tetap
saling menyayangi.
5.
Tanyakan pada siswa
apakah mereka pernah memiliki pengalaman bekerjasama dengan anggota keluarga
di rumah? (Communication)
B. Ayo Bermain Peran
1.
Bagi siswa menjadi
kelompok berisikan 5 – 6 orang dalam setiap kelompoknya. (Gotong Royong)
2.
Minta siswa untuk
mendiskusikan pengalaman mereka bekerjasama dengan keluarga di rumah dan
menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran.
3.
Selesai diskusi
masing-masing kelompok diminta untuk tampil secara bergiliran.
4.
Selesai bermain peran,
minta siswa untuk berkumpul kembali.
5.
Guru menceritakan
dongeng kreasi sendiri yang mengandung masalah penjumlahan.
6.
Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan maksud dari soal cerita tersebut dan bagaimana
penyelesaiannya.
C. Ayo Berlatih
1.
Minta siswa untuk
menyelesaikan soal cerita pada buku siswa.
2.
Guru mengkonfirmasi
jawaban siswa melalui diskusi kelas.
(Critical Thingking
and Problem Solving)
D. Ayo Mencoba
1.
Selanjutnya guru
menunjukkan poster bertuliskan teks puisi pada siswa.
2.
Guru membacakan puisi
dengan intonasi, kemudian menanyakan pada siswa adakah yang pernah
mendengarkan cara membaca dengan menggunakan intonasi?
3.
Sampaikan pada siswa
bahwa teks yang dibacakan oleh guru disebut sebagai puisi.
4.
Guru membacakan teks
puisi dan meminta siswa mengikuti gaya membaca puisi yang dilakukan oleh
guru.
5.
Setelah siswa
mempelajari cara membaca puisi, minta siswa secara bergiliran untuk
mengekspresikan ungkapan sayang pada keluarga melalui puisi
(Creativity and
Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp)"
Posting Komentar