Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  ....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari


A.   TUJUAN
  1. Setelah mendengarkan cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota keluarga di rumah dengan tepat
  2. Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antar seluruh anggota keluarga di rumah dengan baik
  3. Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat
  4. Dengan mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik
  5. Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang ungkapan sayang dengan baik
  6. Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.
B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan Inti
A.   Ayo Mengamati
1.    Lalu guru bercerita mengenai anggota keluarganya yang memiliki jenis kelamin dan karakter atau sifat yang berbeda.
2.    Guru merinci berbagai karakter, misalkan sabar, penyayang, lembut, pemalu dan sebagainya serta mendiskusikan artinya bersama dengan siswa.
3.    Guru meminta siswa untuk menyebutkan anggota keluarga yang memiliki jenis kelamin berbeda dengan siswa beserta karakternya.
4.    Sampaikan bahwa meskipun memiliki karakter dan ciri yang berbeda namun keluarga harus tetap saling menyayangi.
5.    Tanyakan pada siswa apakah mereka pernah memiliki pengalaman bekerjasama dengan anggota keluarga di rumah? (Communication)

B.   Ayo Bermain Peran
1.    Bagi siswa menjadi kelompok berisikan 5 – 6 orang dalam setiap kelompoknya. (Gotong Royong)
2.    Minta siswa untuk mendiskusikan pengalaman mereka bekerjasama dengan keluarga di rumah dan menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran.
3.    Selesai diskusi masing-masing kelompok diminta untuk tampil secara bergiliran.
4.    Selesai bermain peran, minta siswa untuk berkumpul kembali.
5.    Guru menceritakan dongeng kreasi sendiri yang mengandung masalah penjumlahan.
6.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan maksud dari soal cerita tersebut dan bagaimana penyelesaiannya.

C.   Ayo Berlatih
1.    Minta siswa untuk menyelesaikan soal cerita pada buku siswa.
2.    Guru mengkonfirmasi jawaban siswa melalui diskusi kelas.
(Critical Thingking and Problem Solving)

D.   Ayo Mencoba
1.    Selanjutnya guru menunjukkan poster bertuliskan teks puisi pada siswa.
2.    Guru membacakan puisi dengan intonasi, kemudian menanyakan pada siswa adakah yang pernah mendengarkan cara membaca dengan menggunakan intonasi?
3.    Sampaikan pada siswa bahwa teks yang dibacakan oleh guru disebut sebagai puisi.
4.    Guru membacakan teks puisi dan meminta siswa mengikuti gaya membaca puisi yang dilakukan oleh guru.
5.    Setelah siswa mempelajari cara membaca puisi, minta siswa secara bergiliran untuk mengekspresikan ungkapan sayang pada keluarga melalui puisi
(Creativity and Innovation)

    140
    menit
Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit



C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



   Mengetahui                                                                                                 ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1 

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 6 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel