Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 1


RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 1  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Masyarakat ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.     TUJUAN
1.      Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
2.      Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
3.      Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
4.      Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
5.      Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
6.      Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
7.      Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
8.      Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
9.      Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
10.    Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
11.    Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat  melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
12.    Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.
  
A.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu      
Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

 15Menit
 Kegiatan Inti
 Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pengantar Subtema
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga 
membersihkan lingkungan tempat tinggal. Siswa memperoleh pemahaman mengenai hidup rukun di masyarakat.  Guru juga dapat  membawa gambar lain atau foto-foto yang menggambarkan kegiatan gotong royong warga. Siswa menandai gambar-gambar di Buku Siswa yang menunjukkan kerukunan di masyarakat. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kegiatan seperti itu yang pernah dilihatnya di lingkungan sekitar. Siswa dipancing untuk bercerita mengenai hal tersebut. Guru membimbing dengan pertanyaan agar siswa mau bercerita.
Ayo Mengamati 
Siswa mendengarkan guru membaca teks berjudul Membuang Sampah di Tempat Sampah.
Siswa mengamati kalimat yang menunjukkan kalimat ajakan.
Siswa menemukan kalimat ajakan yang terdapat pada teks.
Siswa mengulang kembali kalimat ajakan tersebut.
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa menyebutkan kalimat  yang diucapkan Udin ketika menolak ajakan Badu. 
Siswa memberi contoh kejadian yang dialami ketika menolak ajakan teman.
Siswa menuliskan kalimat penolakan pada tempat yang tersedia.
Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan dan menyebutkan kalimat penolakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Ayo Mengamati
Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Badu.
Siswa mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita.
Siswa menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita.

Ayo Mengamati 
Siswa mengamati gambar prakarya hasil karya Udin, Edo, dan Siti.
Siswa memasangkan hasil prakarya tersebut dengan bahan dan alat yang sesuai.
Siswa menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap prakarya tersebut.

Ayo Berkreasi 
Pada subtema ini, siswa akan membuat prakarya dari biji-bijian. Pembuatan prakarya ini akan dilakukan pada Pembelajaran 1, 3, dan 4. Pada Pembelajaran 1 ini siswa diperkenalkan mengenai alat, bahan, dan cara membuat prakarya.
Siswa membuat hiasan dengan biji-bijian.
Siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi.
Bahan: lem, biji kacang hijau
Alat: kertas karton putih, pensil, penghapus, lem
Siswa mengikuti langkah-langkah kegiatan: 
membuat sketsa
menyempurnakan sketsa
menempelkan biji kacang hijau sesuai gambar
Kegiatan ini diawali dengan berlatih menempel biji kacang hijau pada gambar tunggal, misalnya lingkaran atau kotak.
Pada pembelajaran berikut  akan dilanjutkan membuat gambar yang lebih lengkap dan biji-bijian yang beraneka ragam. (Penilaian SBdP KD 3.4 dan 4.4)


Ayo Berlatih
Guru memberi pengantar mengenai prakarya yang dibuat oleh Udin berasal dari biji-bijian.
Siswa menuliskan bilangan tiga angka yang ditunjukkan oleh gambar kubus satuan.
Siswa berlatih menghitung selisih biji-bijian yang digunakan dengan operasi pengurangan.
Siswa berlatih menentukan jumlah dan selisih bilangan. (Penilaian  Matematika KD 3.3)
Siswa mengerjakan latihan yang ada di Buku Siswa.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari contoh-contoh prakarya yang terbuat dari bahan alami. Contoh tersebut dapat berupa gambar atau karya asli. Orang tua membantu mencari contoh-contoh tersebut melalui gambar-gambar di majalah atau internet.

 140 Menit
 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 15Menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel