Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan               : SD/MI  .....................
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                               :  Gemar Bernyanyi dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                     :  3
Alokasi waktu                          :  1 Hari

A.   TUJUAN
1.    Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
2.    Dengan menceritakan pengalaman bersama adik, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
3.    Melalui kegiatan mengisi tabel, siswa dapat menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah dengan tepat.
4.    Melalui kegiatan makan siang bersama adik, siswa dapat membantu adik di rumah dan melakukan sikap-sikap baik terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat.
5.    Dengan bermain peran, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan tepat.
6.    Melalui kegiatan bercerita, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan tepat dan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

Kegiatan
Inti
A.   Ayo Bernyanyi
1.    Siswa menyanyikan lagu “Ayo Makan Bersama”.
2.    Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan
·         Pernahkah kamu makan bersama dengan adikmu?
·         Apa saja yang kamu lakukan saat makan bersama adik?
(Creativity and Innovation)
B.   Ayo Mengamati
1.    Siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
2.    Siswa menganalisa gambar.
3.    Siswa memilih dan menyilang gambar yang tidak sesuai dengan isi lagu “Ayo Makan Bersama”.
4.    Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa.
5.    Mengoreksi kekeliruan yang mungkin terjadi.
(Hots)

C.   Ayo Menulis
1.    Siswa menceritakan pengalamannya makan bersama adik.
2.    Siswa yang lain mendengarkan teman yang sedang bercerita.
3.    Guru menjelaskan pentingnya sikap yang baik saat mendengarkan orang berbicara.
(Creativity and Innovation)

D.   Ayo Membaca
1.    Siswa menyimak cerita tentang adik yang dibacakan oleh guru.
·         Kemudian guru bertanya
·         Siapa saja siswa yang memiliki adik?
·         Bagaimana perasaanmu memiliki adik?
·         Bagaimana sikapmu terhadap adik?

E.    Ayo Berlatih
1.    Siswa membaca kalimat-kalimat dalam tabel.
2.    Siswa mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan terhadap adik.
3.    Siswa membuat tanda centang (√) pada sikap yang benar.
4.    Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa.
5.    Mengoreksi kekeliruan yang mungkin terjadi.
6.    Secara berpasangan, siswa memainkan peran. Satu siswa berperan sebagai kakak dan satu siswa lainnya berperan sebagai adik.
7.    Siswa memerankan sikap baik yang harus dilakukan kakak saat makan bersama adik. Kakak membantu adik membersihkan sisa makanan.
8.    Guru menjelaskan tentang kegiatan “Kerja Sama Dengan Orang  Tua” kepada siswa.
9.    Untuk kegiatan “Kerja Sama Dengan Orang Tua” guru mengarahkan siswa meminta orang tua untuk menemani siswa dan adiknya saat makan bersama.
10.  Setelah itu, orang tua siswa memberikan penilaian pada rubrik penilaian dengan memberikan tanda centang pada kolom kriteria yang tepat sesuai ketercapaian target kegiatan makan bersama adik di rumah.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

F.    Ayo Mencoba
1.    Siswa menyimak cerita teks di buku siswa.
2.    Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks.
3.    Siswa bermain peran berdasarkan situasi yang digambarkan di buku siswa.
·         Siswa A berpura-pura menjadi kakak.
·         Siswa B menjadi adik.
·         Siswa A ambil 7 pensil warna.
·         Siswa A berikan 3 pensil warna kepada siswa B.
·         Siswa menghitung banyak pensil yang bersisa.
·         7 – 3 = 4
·         Jadi, sisa pensil warna kakak adalah 4 pensil warna.
4.    Selanjutnya, siswa menjumlahkan dengan cara bermain peran sesuai cerita-cerita di buku siswa.
5.    Guru mengamati kalimat matematika untuk pengurangan yang ditulis siswa.
·         8 – 4 = 4
·         10-3 = 7
·         9 – 2 = 7
6.    Siswa menggambar benda-benda kesukaan yang menunjukkan pengurangan. Guru menjelaskan contoh berikut.
·         Banyaknya gambar jeruk seluruhnya: 5 buah
·         Banyaknya jeruk yang dicoret: 2 buah
·         Untuk menghitung sisa jeruk, kita harus menghitung banyaknya jeruk yang tidak dicoret.
7.    Siswa membuat gambar yang menunjukkan pengurangan di tempat yang telah disediakan.
8.    Kemudian siswa menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambarnya.

Kalimat matematika :
(Creativity and Innovation)

    140
    menit




Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
Peserta Didik :

  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
  • Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian




C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester1

   Mengetahui                                                                                            ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel