RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp)
Sabtu, 15 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku
(Tema 2)
Sub Tema : Gemar Bernyanyi
dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Melalui kegiatan bernyanyi,
siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu yang diperdengarkan
dengan tepat.
2. Dengan menceritakan pengalaman
bersama adik, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair
lagu yang telah didengar dengan tepat.
3. Melalui kegiatan mengisi tabel,
siswa dapat menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan
adik di rumah dengan tepat.
4. Melalui kegiatan makan siang
bersama adik, siswa dapat membantu adik di rumah dan melakukan sikap-sikap baik
terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat.
5. Dengan bermain peran, siswa
dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan
tepat.
6. Melalui kegiatan bercerita,
siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan pengurangan dengan tepat dan percaya diri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Bernyanyi
1. Siswa menyanyikan lagu “Ayo Makan Bersama”.
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan
·
Pernahkah
kamu makan bersama dengan adikmu?
·
Apa
saja yang kamu lakukan saat makan bersama adik?
(Creativity and Innovation)
B.
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
2. Siswa menganalisa gambar.
3. Siswa memilih dan menyilang gambar yang tidak sesuai
dengan isi lagu “Ayo Makan Bersama”.
4. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa.
5. Mengoreksi kekeliruan yang mungkin terjadi.
(Hots)
C.
Ayo Menulis
1. Siswa menceritakan pengalamannya makan bersama adik.
2. Siswa yang lain mendengarkan teman yang sedang
bercerita.
3. Guru menjelaskan pentingnya sikap yang baik saat
mendengarkan orang berbicara.
(Creativity and Innovation)
D.
Ayo Membaca
1. Siswa menyimak cerita tentang adik yang dibacakan oleh
guru.
·
Kemudian
guru bertanya
·
Siapa
saja siswa yang memiliki adik?
·
Bagaimana
perasaanmu memiliki adik?
·
Bagaimana
sikapmu terhadap adik?
E.
Ayo Berlatih
1. Siswa membaca kalimat-kalimat dalam tabel.
2. Siswa mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan
terhadap adik.
3. Siswa membuat tanda centang (√) pada sikap yang benar.
4. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa.
5. Mengoreksi kekeliruan yang mungkin terjadi.
6. Secara berpasangan, siswa memainkan peran. Satu siswa
berperan sebagai kakak dan satu siswa lainnya berperan sebagai adik.
7. Siswa memerankan sikap baik yang harus dilakukan kakak
saat makan bersama adik. Kakak membantu adik membersihkan sisa makanan.
8. Guru menjelaskan tentang kegiatan “Kerja Sama Dengan
Orang Tua” kepada siswa.
9. Untuk kegiatan “Kerja Sama Dengan Orang Tua” guru
mengarahkan siswa meminta orang tua untuk menemani siswa dan adiknya saat
makan bersama.
10. Setelah itu, orang tua siswa memberikan penilaian pada
rubrik penilaian dengan memberikan tanda centang pada kolom kriteria yang
tepat sesuai ketercapaian target kegiatan makan bersama adik di rumah.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
F.
Ayo Mencoba
1. Siswa menyimak cerita teks di buku siswa.
2. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui
teks.
3. Siswa bermain peran berdasarkan situasi yang
digambarkan di buku siswa.
·
Siswa
A berpura-pura menjadi kakak.
·
Siswa
B menjadi adik.
·
Siswa A ambil 7 pensil
warna.
·
Siswa
A berikan 3 pensil warna kepada siswa B.
·
Siswa
menghitung banyak pensil yang bersisa.
·
7 – 3
= 4
·
Jadi,
sisa pensil warna kakak adalah 4 pensil warna.
4. Selanjutnya, siswa menjumlahkan dengan cara bermain
peran sesuai cerita-cerita di buku siswa.
5. Guru mengamati kalimat matematika untuk pengurangan
yang ditulis siswa.
·
8 – 4
= 4
·
10-3
= 7
·
9 – 2
= 7
6. Siswa menggambar benda-benda kesukaan yang menunjukkan
pengurangan. Guru menjelaskan contoh berikut.
·
Banyaknya
gambar jeruk seluruhnya: 5 buah
·
Banyaknya
jeruk yang dicoret: 2 buah
·
Untuk
menghitung sisa jeruk, kita harus menghitung banyaknya jeruk yang tidak
dicoret.
7. Siswa membuat gambar yang menunjukkan pengurangan di
tempat yang telah disediakan.
8. Kemudian siswa menuliskan kalimat matematika yang
sesuai dengan gambarnya.
Kalimat matematika :
(Creativity
and Innovation)
|
140
menit
|
||
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 3 (berbagirpp)"
Posting Komentar