RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp)
Sabtu, 15 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku (Tema
2)
Sub Tema : Gemar Bernyanyi
dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan menyimak cerita
yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan
meliukkan badan dengan tepat.
- Dengan kegiatan meliukkan
tubuh sambil bernyanyi, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan
meliukkan badan dengan tepat.
- Dengan membaca teks puisi,
siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang
diperdengarkan dengan tepat.
- Melalui kegiatan menulis
pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan
persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|||
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Berlatih
1. Siswa menyimak cerita tentang gerakan meliukkan tubuh
yang dibacakan oleh guru.
2. Siswa mengamati gambar yang menyertai teks.
3. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui
teks dan gambar.
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang
diamati.
(Creativity and Innovation)
B.
Ayo Mencoba
1. Setelah menyimak penjelasan guru dan mengamati gambar
gerakan meliukkan tubuh, siswa mempraktikkan gerakan bersama-sama.
2. Guru mengamati gerakan siswa.
Yang harus diperhatikan dari gerakan siswa adalah
sebagai berikut.
·
posisi
berdiri tegak
·
kedua
kaki dibuka
·
kedua
tangan diangkat, lurus di atas kepala.
·
jari-jari
di kedua tangan memegang tongkat kayu/botol dengan erat
·
tubuh
diliukkan ke kiri dan ke kanan
·
saat
tubuh diliukkan, pandangan tetap lurus ke depan
3. Setelah berlatih gerakan meliukkan tubuh ke kiri dan ke
kanan, siswa dapat meliukkan tubuh sambil menyanyi lagu Hey Yamko Rambe
Yamko. Gerakan dapat disesuaikan dengan irama lagu.
C. Ayo
Membaca
1. Siswa membaca puisi tentang sahabat.
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan:
·
Apakah
kamu memiliki sahabat?
·
Bagaimana
perasaanmu terhadapnya?
D. Ayo
Berkreasi
1. Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang
tepat dari dalam kotak.
2.
Setelah
selesai, guru membahas jawaban siswa.
(Creativity and Innovation)
E. Ayo
Menulis
1.
Siswa
menulis sebuah kartu ucapan untuk sahabat.
2.
Kartu
dapat ditambahkan gambar sesuai kreativitas masing-masing siswa.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
|||
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp)"
Posting Komentar