Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan               : SD/MI  .....................
Kelas / Semester                    : 1 /1
Tema                                       :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                               :  Gemar Bernyanyi dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                     :  2
Alokasi waktu                          :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan menyimak cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan dengan tepat.
  2. Dengan kegiatan meliukkan tubuh sambil bernyanyi, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan dengan tepat.
  3. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
  4. Melalui kegiatan menulis pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

Kegiatan
Inti
A.   Ayo Berlatih
1.    Siswa menyimak cerita tentang gerakan meliukkan tubuh yang dibacakan oleh guru.
2.    Siswa mengamati gambar yang menyertai teks.
3.    Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.
4.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati.
(Creativity and  Innovation)

B.   Ayo Mencoba
1.    Setelah menyimak penjelasan guru dan mengamati gambar gerakan meliukkan tubuh, siswa mempraktikkan gerakan bersama-sama.
2.    Guru mengamati gerakan siswa.
Yang harus diperhatikan dari gerakan siswa adalah sebagai berikut.
·         posisi berdiri tegak
·         kedua kaki dibuka
·         kedua tangan diangkat, lurus di atas kepala.
·         jari-jari di kedua tangan memegang tongkat kayu/botol dengan erat
·         tubuh diliukkan ke kiri dan ke kanan
·         saat tubuh diliukkan, pandangan tetap lurus ke depan
3.    Setelah berlatih gerakan meliukkan tubuh ke kiri dan ke kanan, siswa dapat meliukkan tubuh sambil menyanyi lagu Hey Yamko Rambe Yamko. Gerakan dapat disesuaikan dengan irama lagu.
C.   Ayo Membaca
1.    Siswa membaca puisi tentang sahabat.
2.    Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
·         Apakah kamu memiliki sahabat?
·         Bagaimana perasaanmu terhadapnya?

D.   Ayo Berkreasi
1.    Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang tepat dari dalam kotak.
2.    Setelah selesai, guru membahas jawaban siswa.
(Creativity and Innovation)

E.    Ayo Menulis
1.    Siswa menulis sebuah kartu ucapan untuk sahabat.
2.    Kartu dapat ditambahkan gambar sesuai kreativitas masing-masing siswa.
(Creativity and Innovation)
    140
    menit



Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit


C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester1

   Mengetahui                                                                                            ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 2 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel