Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 2

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 2  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Masyarakat ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.     TUJUAN
B.    Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
C.    Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
D.    Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
E.    Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
F.    Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di masyarakat dengan benar.
G.    Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan  sila kedua Pancasila di masyarakat.
H.    Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
I.      Dengan diberikan contoh gerakan  melompat oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

J.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan 
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu
Pembukaan 
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 Menit 

 Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Ayo Membaca
Siswa membaca teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
Siswa membaca sesuai peran yang ada di dalam teks percakapan tersebut.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang sudah dibacanya. (Bahasa Indonesia KD 3.1)
Contoh jawaban:


Ayo Bercerita 
Siswa menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibacanya.
Siswa mencantumkan bagian penolakan yang terdapat pada cerita tersebut.
Contoh cerita:

(Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
Siswa mengamati gambar percakapan warga yang sedang bergotong royong.
Siswa menyebutkan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila berdasarkan gambar percakapan.
Contoh jawaban: 
o Mohon maaf, kami nanti terlambat mengikuti kerja bakti. Kami akan pergi ke gereja terlebih dahulu. 
o Hari sudah siang, saya pamit pulang untuk beribadah. 
Siswa menyebutkan sikap yang sesuai sila kedua Pancasila berdasarkan gambar percakapan.
Contoh jawaban: 
o Mempersilakan warga yang terlambat mengikuti kegiatan gotong royong karena harus menjalankan ibadah.
o Beristirahat dari kegiatan gotong royong untuk memberi kesempatan warga menjalankan ibadah.
Siswa menuliskan contoh pengamalan sila pertama Pancasila di lingkungan masyarakat.
Siswa menuliskan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat.

Ayo Bercerita
Siswa menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan penerapan sila pertama Pancasila.
Siswa dipancing dengan pertanyaan agar mampu bercerita.
Misalnya, 
o Apakah di lingkunganmu pernah diadakan kegiatan gotong royong 
o warga? 
o Kegiatan apakah itu?
o Apa yang kamu lakukan untuk membantu kegiatan tersebut?
(Critical Thinking and Problem Solving)
Guru mengarahkan siswa agar diperoleh pemahaman mengenai penerapan sila pertama Pancasila di lingkungan warga.
Guru mengarahkan siswa agar diperoleh pemahaman mengenai penerapan sila kedua Pancasila di lingkungan warga.(Penilaian PPKn KD 3.1 dan KD 4.1)
Ayo Berlatih 
Siswa mengamati gerakan melompat yang diperagakan oleh guru.
Guru memperagakan gerakan melompat sesuai yang dicontohkan guru.
Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan gerak melompat. Guru dapat mengamati pemahaman siswa mengenai gerakan melompat dengan cara memberi pertanyaan lisan. (Penilaian PJOK KD 3.1)
Siswa diamati kemampuannya dalam mempraktikkan gerakan melompat dengan pedoman penilaian (rubrik penilaian PJOK KD 4.1). 
Siswa melakukan permainan melompat melalui rintangan.
(Creativity and Innovation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Apabila memungkinkan, siswa bermain gunungan bersama teman-teman di lingkungan sekitar dengan didampingi orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa bersosialisasi dengan teman di sekitar rumah. Bila tidak memungkinkan, siswa mencari cerita atau berita dari buku cerita atau majalah tentang kegiatan gotong royong warga di lingkungan. Orang tua membantu siswa mencari bahan-bahan cerita tersebut.


 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa

 15Menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel