RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3
Rabu, 05 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Masyarakat (
Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan gambar teks percakapan
tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan percakapan yang
berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan gambar teks percakapan
tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks
percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan
bahasa yang santun.
- Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa
dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh karya hiasan dari
benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan
bahan alami dengan benar.
- Dengan diberikan contoh karya hiasan dari
bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya
hiasan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh karya hiasan dari
bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan
benar
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
|
15 Menit
|
Kegiatan Pembelajaran
Sebagai pengantar, siswa mengamati gambar tentang kegiatan gotong royong di lingkungan rumah Udin. Siswa mengamati hal-hal yang dapat dilakukan oleh Udin dan teman-temannya. Siswa menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan sekitar rumah.
Ayo Menulis
Siswa mengamati gambar dan teks percakapan tentang kegiatan gotong royong di lingkungan warga.
Siswa menunjukkan gambar adegan hidup rukun di masyarakat.
Siswa menunjukkan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan kata penolakan yang pernah diucapkan.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. Target minimal menyebutkan dan menuliskan 5 kalimat penolakan. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1)
(Creativity and Innovation)
Ayo Bermain Peran
Siswa menulis teks percakapan tentang penolakan terhadap pemberian sesuatu
Siswa memperagakan teks percakapan tersebut dengan temannya. (Penilaian Bahasa Indonesia, KD 4.1)
(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
Guru memberi pengantar mengenai kegiatan gotong royong yang dilakukan warga. Ibu-ibu di lingkungan warga menyiapkan banyak makanan untuk peserta gotong royong.
Siswa berlatih mengenai permasalahan sehari-hari yang dipecahkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Ada 95 kue bolu, 120 kue lemper. Dimakan oleh masyarakat sebanyak 158 kue.
Sisa kue = 95 + 120 – 158 = 57
Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang sudah dikerjakan.
• Apakah ada jawaban yang sama? Ya
• Apakah urutan penjumlahan dan pengurangan berpengaruh terhadap hasil operasi hitung? Ya
Ayo Berkreasi
Siswa membuat karya kreasi dari biji-bijian. Pada pembelajaran 1 siswa sudah menempel biji-bijian pada gambar sederhana. Pada pembelajaran ini, siswa membuat gambar yang lebih lengkap, misalnya bunga dengan batang dan daunnya.
Siswa menyediakan bahan dan alat yang dibutuhkan.
Siswa membuat sketsa.
Siswa menyempurnakan sketsa menjadi gambar utuh.
Siswa menempel biji-bijian pada gambar tersebut sehingga menjadi hiasan yang indah.
Kegiatan dapat dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan latihan soal campuran penjumlahan dan pengurangan. Guru memberikan soal cerita untuk dikerjakan bersama orang tua. Bila memungkinkan, orang tua membuat soal kemudian
| ||
Penutup
|
|
15Menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3"
Posting Komentar