Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Masyarakat ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan  penjumlahan dengan benar.
  4. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
  5. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan 
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu
Pembukaan 
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 Menit 

 Kegiatan Pembelajaran
Sebagai pengantar, siswa mengamati  gambar tentang kegiatan gotong royong di lingkungan rumah Udin. Siswa mengamati hal-hal yang dapat dilakukan oleh Udin dan teman-temannya. Siswa menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan sekitar rumah.

Ayo Menulis
Siswa mengamati gambar dan teks percakapan tentang kegiatan gotong royong di lingkungan warga.
Siswa menunjukkan gambar adegan hidup rukun di masyarakat.
Siswa menunjukkan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan kata penolakan yang pernah diucapkan.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. Target minimal menyebutkan dan menuliskan 5 kalimat penolakan. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1)
(Creativity and Innovation)


Ayo Bermain Peran
Siswa menulis teks percakapan tentang penolakan terhadap pemberian sesuatu
Siswa memperagakan teks percakapan tersebut dengan temannya. (Penilaian Bahasa Indonesia, KD 4.1)
(Creativity and Innovation)


Ayo Berlatih 
Guru memberi pengantar mengenai kegiatan gotong royong yang dilakukan warga. Ibu-ibu di lingkungan warga menyiapkan banyak makanan untuk peserta gotong royong.
Siswa berlatih mengenai permasalahan sehari-hari yang dipecahkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Ada 95 kue bolu, 120 kue lemper. Dimakan oleh masyarakat sebanyak 158 kue.
      Sisa kue = 95 + 120 – 158 = 57
Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang sudah dikerjakan.
Apakah ada jawaban yang sama? Ya
Apakah urutan penjumlahan dan pengurangan berpengaruh terhadap hasil operasi hitung? Ya
Ayo Berkreasi
Siswa membuat karya kreasi dari biji-bijian. Pada pembelajaran 1 siswa sudah menempel biji-bijian pada gambar sederhana. Pada pembelajaran ini, siswa membuat gambar yang lebih lengkap, misalnya bunga dengan batang dan daunnya. 
Siswa menyediakan bahan dan alat yang dibutuhkan.
Siswa membuat sketsa.
Siswa menyempurnakan sketsa menjadi gambar utuh.
Siswa menempel biji-bijian pada gambar tersebut sehingga menjadi hiasan yang indah.
Kegiatan dapat dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan latihan soal campuran penjumlahan dan pengurangan. Guru memberikan soal cerita untuk dikerjakan bersama orang tua. Bila memungkinkan, orang tua membuat soal kemudian


 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
 15Menit






C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel