Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Masyarakat ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN

  1. Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat  ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  2. Dengan diberikan contoh gerakan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan  yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku di masyarakat  yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberikan cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan 
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu
Pembukaan 
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 Menit 

 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Sebagai pengantar pembelajaran, siswa membaca teks pada Buku Siswa. Pada teks tersebut disebutkan bahwa ada kegiatan berolahraga bersama di lingkungan warga. 

Ayo Mengamati
Siswa mengamati gerakan-gerakan melompat di Buku Siswa.
Siswa mempersiapkan kegiatan berolahraga.
Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan.
Siswa mengamati gerakan yang diperagakan guru.
Guru memberi pertanyaan lisan mengenai gerakan melompat. (PJOK KD 3.1). Siswa membedakan gerakan melompat dan meloncat. Melompat adalah gerakan yang bertumpu pada satu, sedangkan meloncat gerakan yang bertumpu pada dua kaki)
Siswa meniru gerakan yang diperagakan guru. (Penilaian PJOK KD 4.1)
Siswa melakukan permainan gerakan melompat.
Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga melompat.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa.(Penilaian Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1).

Ayo Membaca
Siswa membaca teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa  menyimpulkan isi teks.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan ajakan.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan penolakan.

Ayo Berlatih
Siswa membaca kembali teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa menuliskan kalimat penolakan berdasarkan teks.
(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba
Siswa menuliskan pengalamannya berolahraga bersama teman atau warga di sekitarnya.
Siswa menuliskan kalimat ajakan.
Siswa menuliskan kalimat menerima atau menolak ajakan tersebut.
Bila siswa menerima ajakan, tanyakan kepada siswa kapan ia menolak sesuatu.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Guru memberi mengingatkan kembali tentang isi teks bacaan Olahraga Bersama.
Di dalam teks tersebut terdapat contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
Siswa menunjukkan bagian teks yang merupakan contoh penerapan sila ketiga Pancasila.
Siswa menuliskan pengalaman sila ketiga Pancasila di masyarakat.
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang sesuai sila ketiga Pancasila.
Siswa menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan 4.1)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan siswa untuk mencari contoh-contoh penerapan sila ketiga Pancasila di lingkungan masyarakatnya. Orang tua membantu siswa untuk mengamati kejadian di sekitar masyarakat.


 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
 15Menit






C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel