RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5
Rabu, 05 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Masyarakat (
Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan contoh gerakan melompat
dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan dari guru,
siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di
masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di
masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang
santun.
- Dengan diberikan teks cerita bergambar
tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku di
masyarakat yang sesuai dengan sila
ketiga Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan cerita bergambar tentang
hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
|
15 Menit
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Sebagai pengantar pembelajaran, siswa membaca teks pada Buku Siswa. Pada teks tersebut disebutkan bahwa ada kegiatan berolahraga bersama di lingkungan warga. Ayo Mengamati Siswa mengamati gerakan-gerakan melompat di Buku Siswa. Siswa mempersiapkan kegiatan berolahraga. Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan. Siswa mengamati gerakan yang diperagakan guru. Guru memberi pertanyaan lisan mengenai gerakan melompat. (PJOK KD 3.1). Siswa membedakan gerakan melompat dan meloncat. Melompat adalah gerakan yang bertumpu pada satu, sedangkan meloncat gerakan yang bertumpu pada dua kaki) Siswa meniru gerakan yang diperagakan guru. (Penilaian PJOK KD 4.1) Siswa melakukan permainan gerakan melompat. Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga melompat. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa.(Penilaian Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1). Ayo Membaca Siswa membaca teks berjudul Olahraga Bersama. Siswa menyimpulkan isi teks. Siswa mencari kalimat yang menunjukkan ajakan. Siswa mencari kalimat yang menunjukkan penolakan. Ayo Berlatih Siswa membaca kembali teks berjudul Olahraga Bersama. Siswa menuliskan kalimat penolakan berdasarkan teks. (Creativity and Innovation) Ayo Mencoba Siswa menuliskan pengalamannya berolahraga bersama teman atau warga di sekitarnya. Siswa menuliskan kalimat ajakan. Siswa menuliskan kalimat menerima atau menolak ajakan tersebut. Bila siswa menerima ajakan, tanyakan kepada siswa kapan ia menolak sesuatu. Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1) Guru memberi mengingatkan kembali tentang isi teks bacaan Olahraga Bersama. Di dalam teks tersebut terdapat contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Siswa menunjukkan bagian teks yang merupakan contoh penerapan sila ketiga Pancasila. Siswa menuliskan pengalaman sila ketiga Pancasila di masyarakat. Siswa mengisi tabel tentang sikap yang sesuai sila ketiga Pancasila. Siswa menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan 4.1) Kegiatan Bersama Orang Tua Guru menugaskan siswa untuk mencari contoh-contoh penerapan sila ketiga Pancasila di lingkungan masyarakatnya. Orang tua membantu siswa untuk mengamati kejadian di sekitar masyarakat. | ||
Penutup
|
|
15Menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 5"
Posting Komentar