Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 6

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 6  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Masyarakat ( Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
1.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan  yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
2.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana.
3.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
4.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
5.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
6.    Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat dengan benar.
7.    Dengan diberikan gambar pengamalan sila Pancasila, siswa dapat menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang sesuai.
8.    Dengan diberikan penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan, siswa dapat membuat soal cerita dengan benar.

9.    Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan 
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu
Pembukaan 
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 Menit 

 Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Ayo Mengamati 
Siswa mendengarkan dongeng yang dibaca guru tentang kisah jerapah yang sombong.
Siswa membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui dari cerita tersebut.
Guru membimbing siswa membuat pertanyaan dengan dipandu kata tanya 5 W + 1 H.
Contoh pertanyaan:
Apa yang diminta oleh kakek jerapah kepada Jeje? Apakah Jeje menyesali sikapnya yang sombong?
Bagaimana Jeje menyesali sikapnya yang sombong?
Siswa saling bertukar pertanyaan dengan temannya dan saling menjawab pertanyaan.
Siswa mencari kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng yang sudah didengarnya.

Ayo Menulis
Siswa menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan keadilan dalam menolong teman.
Siswa menyebutkan memasangkan kalimat yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
Siswa menuliskan penerapan sila keempat Pancasila yang dilihatnya di lingkungan sekitar.
Siswa menuliskan penerapan sila kelima Pancasila yang dilihatnya di lingkungan sekitar. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan  4.1)
(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih 
Siswa berlatih membuat soal cerita yang penyelesaiannya sudah diketahui.
Teman menyawab soal cerita tersebut berdasarkan operasi bilangan yang terdapat di Buku Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3 dan 4.3)
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Siswa mencari contoh gambar dari surat kabar atau internet dengan dibantu orang tua. Usahakan gambar yang menunjukkan penerapan sila keempat dan sila kelimat Pancasila.


 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
 15Menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel