RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6 (Berbagi rpp)
Minggu, 16 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Penutup (15 menit)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2))
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
- Dengan permainan kosakata, siswa dapat
menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
- Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa
dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di
lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
- Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak
mengikuti aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku di rumah dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
perkalian dengan benar.
- Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”,
siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang
dengan tepat.
- Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat
menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan (15 Menit)
Pendahuluan (15 Menit)
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Pembelajaran (140 Menit)
Ayo Membaca
- Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan Beni dan Ibu.
- Berdasarkan teks percakapan tersebut, siswa memprediksi isi teks bacaan “Wujud Benda”.
- Siswa membaca dengan lancar teks “Wujud Benda”.
- Siswa menceritakan isi teks yang telah dibaca.
- Siswa menyesuaikan isi teks dengan prediksi yang telah dilakukan sebelumnya.
Ayo Berdiskusi
- Siswa berdiskusi dengan teman mencari makna dari kosakata yang berhubungan dengan wujud benda.
- Siswa menjelaskan makna kosakata yang telah didiskusikan.
- Untuk menguji pemahaman siswa tentang makna dari kosakata yang telah didiskusikan, siswa mengerjakan latihan berupa permainan kosakata.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati benda-benda di sekitarnya dan mengelompokkannya ke dalam kelompok wujud benda. (HOTS)
- Siswa membacakan hasil pengamatan kepada teman-temannya.
- Siswa lain diminta memberi tanggapan, saran, maupun pertanyaan.
- Siswa mengamati gambar Beni dan Edo yang sedang bermain pistol air.
- Siswa berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan terkait gambar.
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang pentingnya aturan dalam kehidupan.
Ayo Berlatih
- Siswa mengamati contoh penyelesaian masalah perkalian.
- Siswa menjelaskan contoh yang telah diamati.
- Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Belajar Perkalian”.
- Siswa menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan.
- Guru memberikan penekanan konsep perkalian kepada siswa berdasarkan lagu yang dinyanyikan.
- Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan perkalian.
- Siswa secara bersama-sama memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Penutup (15 menit)
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6 (Berbagi rpp)"
Posting Komentar