Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2))
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
  2. Dengan permainan kosakata, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
  3. Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
  6. Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak mengikuti aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  8. Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
  9. Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan (15 Menit)
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
    dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
    kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Pembelajaran (140 Menit)

Ayo Membaca
  • Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan Beni dan Ibu.
  • Berdasarkan teks percakapan tersebut, siswa memprediksi isi teks bacaan “Wujud Benda”.
  • Siswa membaca dengan lancar teks “Wujud Benda”.
  •  Siswa menceritakan isi teks yang telah dibaca.
  • Siswa menyesuaikan isi teks dengan prediksi yang telah dilakukan sebelumnya.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa berdiskusi dengan teman mencari makna dari kosakata yang berhubungan dengan wujud benda.
  • Siswa menjelaskan makna kosakata yang telah didiskusikan.
  • Untuk menguji pemahaman siswa tentang makna dari kosakata yang telah didiskusikan, siswa mengerjakan latihan berupa permainan kosakata.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati benda-benda di sekitarnya dan mengelompokkannya ke dalam kelompok wujud benda. (HOTS)
  • Siswa membacakan hasil pengamatan kepada teman-temannya.
  • Siswa lain diminta memberi tanggapan, saran, maupun pertanyaan.
  • Siswa mengamati  gambar Beni dan Edo yang sedang bermain pistol air.
  • Siswa berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan terkait gambar.
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang pentingnya aturan dalam kehidupan.

Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati contoh penyelesaian masalah perkalian.
  • Siswa menjelaskan contoh yang telah diamati.
  • Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Belajar Perkalian”.
  • Siswa menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan.
  • Guru memberikan penekanan konsep perkalian kepada siswa berdasarkan lagu yang dinyanyikan.
  • Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan perkalian.
  • Siswa secara bersama-sama memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Penutup (15 menit)
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 6 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel