Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 5 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 5  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
  2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
  3. Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
  5. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  6. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  7. Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN




Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Kegiatan Pembelajaran

Ayo Membaca
  • Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas” dengan teman sebangkunya.
  • Kemudian, dua orang siswa diminta membacakan teks percakapan tersebut ke depan kelas, sedangkan siswa lain diarahkan untuk mendengarkan.
  • Siswa menceritakan isi teks percakapan dengan menggunakan bahasa sendiri.
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang isi teks percakapan.

Ayo Menulis
  • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”.
  • Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis.
(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa.
  • Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatan tersebut. (HOTS)
  • Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian.
  • Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan.

Ayo Membaca
  • Siswa mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”.
  • Siswa menyebutkan isi teks bacaan yang telah didengar.
  • Beberapa orang siswa menceritakan isi teks tersebut menggunakan bahasa sendiri.(Creativity and Innovation)

Ayo Menulis
  • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan “Meniup Balon”.
  • Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis.
  • Siswa menceritakan kembali secara lisan isi teks “Meniup Balon”. (Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar Beni dan teman-teman yang sedang bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
  • Siswa bertanya jawab tentang gambar dan mendengarkan guru menjelaskan aturan dalam bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
  • Siswa dibimbing melakukan permainan tersebut.
  • Siswa menceritakan pengalamannya setelah mengikuti permainan.

Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks pendek tentang aturan di rumah.
  • Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait teks yang telah dibaca.
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang  aturan di rumah.
  • Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan memberi tanda centang () pada tabel yang ada di buku siswa.

Ayo Menulis
  • Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang aturan yang ada di rumah.
  • Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, siswa menuliskan aturan yang ada di rumahnya. (Creativity and Innovation)
  • Siswa diarahkan untuk membiasakan mematuhi aturan di rumah.


Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit








C.    PENILAIAN (ASESMEN)


Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 5 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel