Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  6 /1
Tema                       :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema               : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu     :  IPS, SBdP 
Pembelajaran ke    :  5
Alokasi waktu         :  1 hari

A. TUJUAN 

  1. Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, siswa mampu menyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan teman dari teks yang dibaca dengan rinci. 
  3. Setelah membaca komik tentang penerapan sila Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli tumbuhan/hewan.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
Kegiatan
Pendahuluan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Membaca 

  • Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. 
  • Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.  
  • Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu, mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.(Communication)
  • Kesimpulan dan komentar terhadap kesimpulan teman disampaikan kepada guru.

Ayo Berkreasi

  • Siswa mengambil komik yang belum selesai.
  • Guru menginformasikan kepada siswa untuk menyelesaikannya.
  • Guru dapat memberikan motivasi atau bantuan apabila dibutuhkan. Guru dapat memastikan bahwa komik yang dibuat sudah sesuai dengan rubrik yang disampaikan di hari sebelumnya.
  • Setelah selesai dengan komiknya, siswa dapat menukarkannya kepada teman kelompoknya.
  • (Creativity and Innovatiion)

Kegiatan Penutup

  1. Kerja Sama dengan Orang Tua
  2. Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
  3. Peserta Didik :
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
  4. Guru :
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  5. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel