RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Proyek Kelas
Jumat, 07 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Proyek Kelas - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 1
Berbagai kegiatan pada subtema 4
dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Berbeda
dengan subtema 1-3, kegiatan di sini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan
berpikir tingkat tinggi. Rancangan kegiatan merupakan kegiatan-kegiatan besar
yang membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan
keseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu.
Perhatikan kebutuhan alat dan bahan.
Mengamati dan Mendeskripsikan
Siswa mengamati secara cermat salah
satu aspek dari tema Indahnya Kebersamaan.
Siswa boleh mengamati benda atau
peristiwa yang ada kaitannya dengan tema tersebut.
Pada pembelajaran 1 ini, siswa
diarahkan untuk mengamati pakaian adat setempat.
Langkah pertama, siswa mengumpulkan
fakta-fakta, antara lain.
- Terbuat dari apa bahannya?
- Apa saja hiasan pelengkap dan
terbuat dari bahan apa?
- Berapa luas bahan yang
diperlukan untuk membuatnya?
- Di manakah bahan itu bisa
diperoleh?
- Apakah bahan untuk pakaian
anak-anak sama dengan bahan untuk pakaian orang dewasa?
- Berapa harga satu set pakaian
adat tersebut?
Siswa mengumpulkan sedikitnya 20 fakta dan
mendeskripsikan secara lengkap. Guru mengarahkan kemampuan pengamatan siswa.
Semakin lengkap uraian berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang cukup baik.
Kegiatan dilakukan berkelompok, namun siswa akan membuat
laporan individual.
Mempertanyakan
dan Menganalisis
Setelah siswa mendeskripsikan secara lengkap semua
fakta-fakta hasil pengamatan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya siswa
diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-fakta tersebut.
Andaikan diketahui suatu fakta bahwa “bahan kain tenun
pakaian adat terasa tebal, panas, dan berat saat dikenakan”, siswa dapat
mempertanyakan:
- Bisakah
kain tenun yang terasa tebal, panas, dan berat tersebut diganti dengan
kain kaos?
- Seandainya
bahannya diganti dengan kain kaos, apakah tampilannya akan sama anggunnya
dengan pakaian adat yang asli?
Siswa diajak menganalisis. Misalnya, adakah bagian-bagian
dari pakaian adat itu yang tidak tepat kalau diganti dengan kain katun? Atau
bahan kaos? Dari kegiatan analisis ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa
yang perlu dikaji lebih jauh.
Menggali
Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh,
siswa menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevan
sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam
cara, antara lain:
- Membaca
buku-buku referensi dari perpustakaan,
- Bertanya
atau mewawancarai narasumber atau tokoh adat di lingkungan terdekat,
- Mengenakan
dan mencari tahu lebih jauh tentang pakaian tradisional yang meliputi
bahan, corak, warna, aksesoris, cara memakai, keunikan, dan filosofi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 2
Mengamati
dan Mendeskripsikan
Setelah mengamati pakaian adat, pada hari kedua ini,
siswa diarahkan mengamati hal lain dari tema Indahnya Kebersamaan. Misalnya,
makanan tradisional, yang ditinjau dari:
1. bahan,
2. penampilan,
3. rasa,
4. cara memasak,
5. cara penyajian,
6. cara memakan, dan
7. waktu penyajian terkait upacara adat.
Mempertanyakan
dan Menganalisis
Setelah mendeskripsikan secara lengkap semua fakta hasil
pengamatan, selanjutnya siswa diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan
fakta-fakta tersebut.
Contoh:
1. Apakah makanan tradisional ini merupakan makanan yang
paling enak
yang pernah siswa kenal? Apa yang perlu siswa tambahkan
agar rasa
makanan lebih enak?
2. Apa gagasan yang bisa siswa berikan untuk menyajikan
makanan
tradisional secara lebih menarik?
Menggali
Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal
yang perlu dikaji lebih jauh, siswa perlu menindaklanjuti hal tersebut dengan
mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan itu
dengan berbagai macam cara, antara lain:
- Membaca
buku-buku referensi tentang makanan tradisional;
- Bertanya
kepada orang tua, juru masak makanan tradisional, atau narasumber terkait;
- Membawa
dan menata makanan tradisional, menceritakan tentang bahan, cara memakan,
cara memasak, keunikan, dan kebanggaan.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 3
Mengamati
dan Mendeskripsikan
Berbeda dengan pembelajaran
sebelumnya yang lebih ditekankan pada pengamatan benda (pakaian adat, makanan
tradisional), kali ini guru mengajak siswa mengamati proses. Misalnya, tata
cara bermain (persiapan, alat atau bahan yang diperlukan, jumlah pemain, dan
peraturan).
Guru meminta siswa memilih satu
jenis permainan tradisional setempat.
Siswa diajak ke luar kelas untuk
bermain bersama.
Usai permainan, siswa kembali ke
dalam kelas.
Guru meminta siswa berdiskusi dalam
kelompok untuk mengumpulkan fakta-fakta, antara lain:
- Bagaimana persiapan permainan?
- Apa saja alat yang diperlukan?
- Bagaimana cara bermain?
- Tahukah siswa aturan main yang
benar?
- Apakah permainan ini ada
kemiripan dengan permainan lain yang siswa ketahui?
- Apakah siswa bisa membuat model
atau aturan bermain baru yang lebih menantang?
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah melakukan permainan, siswa
berdiskusi dengan teman dan diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan
fakta-fakta tersebut.
Siswa diajak mengkritisi permainan
tradisional yang telah mereka mainkan dengan pertanyaan pemantik berikut.
Contoh:
1. Menurut siswa, apakah permainan
ini cukup seru? Jelaskan.
2. Bagian mana dari permainan
tersebut yang menyulitkan siswa?
3. Apa usulmu agar permainan
tradisional ini lebih menarik?
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal
yang perlu dikaji lebih jauh tentang permainan tradisional, siswa perlu
menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevan
sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan itu dengan berbagai macam cara, antara
lain:
1. Membaca buku-buku referensi
tentang permainan tradisional,
2. Bertanya kepada orang tua atau
narasumber, dan
3. Siswa mensimulasikan cara bermain
yang lebih menantang dan menarik.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 4
Mengamati
dan Mendeskripsikan
Pada hari ke-4 ini, siswa mempersiapkan semua bahan untuk
keperluan pameran yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya.
- Guru
membagi siswa menjadi 3 kelompok (pakaian adat, makanan tradisional, dan
permainan tradisional).
o
Siswa menyiapkan bahan presentasi,
pajangan, dan simulasi sesuai dengan pilihan kelompok.
o
Siswa diberi motivasi agar percaya
diri ketika pameran berlangsung.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 5
Menyampaikan Hasil
Pada pembelajaran ini, siswa
menyampaikan hasil kerja mereka kepada teman atau rang tua, dan mempertahankan
pemikiran bilamana ada pertanyaan dari pengunjung yang mendatangi pajangan atau
penjelasan siswa.
Sebelum kegiatan dilaksanakan, siswa
mengundang kelas lain untuk datang ke pameran. Sekolah bisa mengundang orang
tua dan guru lain untuk mengunjungi pameran.
Guru bisa menata ruang kelas seperti
ilustrasi di bawah untuk kebutuhan pameran. Alternatif lain bisa dibuat sesuai
dengan kebutuhan.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
PROYEK KELAS
Pembelajaran 6
Melakukan Refleksi
Pada pertemuan penutup tema ini,
siswa perlu membiasakan menulis secara reflektif, yaitu:
- Mengingat-ingat dan menuliskan
kejadian-kejadian yang telah siswa lalui selama satu minggu terakhir ini,
- Menuliskan kesan terhadap
pengalaman tersebut (puas atau tidak puas, senang atau tidak senang,
gelisah atau mantap), dan
- Menuliskan rencana perbaikan ke
depannya.
Tulisan renungan siswa ini
selanjutnya perlu dipajang di ruang-ruang kelas siswa agar bisa dipelajari dan
dipahami teman-teman.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Proyek Kelas"
Posting Komentar