Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 3 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya  3 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                       :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema               :  Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  3
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 
  1. Siswa mampu mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia 
  2. sebagai negara maritim dan kepualauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara peduli.
  3. Dengan membuat kliping, siswa mampu membedakan pengaruh kondisi geografis 
  4. bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi 
  5. sosial dan ekonomi masyarakat secara bertanggung jawab.
  6. Dengan membaca dan menulis, siswa menentukan ide pokok dari bacaan secara percaya diri.
  7. Dengan membuat laporan, siswa menyebutkan perilaku yang seusai dengan nilai-nilai Pancasila dengan percaya diri.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan menunjukan gambar dan memberikan narasi tentang potensi dan kondisi geografis Pulau Madura  sebagai contoh kecil potensi.

Ayo Mengamati
  • Secara interaktif, guru memberikan penjelasan mengenai kekayaan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki oleh bangsa Indonesia serta pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim terhadap kehidupan ekonomi masyarakat.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.

Ayo Berlatih
  • Siswa mengisi kolom tentang berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.
  • Siswa diminta mengerjakan secara mandiri.
  • Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalamikesulitan.
  • Pembelajaran ini dapat juga dilakukan dengan diskusi.

Ayo Menulis
  • Siswa secara mandiri mengisi kolom pada buku siswa tentang dampak positif dan negatif letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
  • Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.

Ayo Berkreasi
  • Bersama kelompknya, siswa membuat kliping gambar tentang kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
  • Kegiatan ini bisa menjadi alternatif kegiatan untuk dikerjakan di rumah.

Ayo Menulis
  • Selesai membuat kliping, siswa menyusun laporan tentang isi kliping yang berkaitan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
  • Guru memberik an kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kliping dan laporan yang telah dibuat.
  • Pada akhir presentasi, siswa meminta pendapat dan tanggapan dari guru dan teman-temannya.

Ayo Membaca
  • Siswa membaca bacaan berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu.

Ayo Menulis
  • Selesai membuat kliping, siswa menyusun laporan tentang isi kliping yang berkaitan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kliping dan laporan yang telah dibuat.
  • Pada akhir presentasi, siswa meminta pendapat dan tanggapan dari guru dan teman-temannya.tanggapan dari guru dan teman-temannya.
  • Setelah siswa diminta menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.
  • Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Bersama dengan orang tua siswa  mengamati dan mengidentifikasi kondisi perilaku orang-orang di sekitar tempat tinggalnya berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.
  • Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang tuanya.

Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
  4. Penugasan dirumah
  5. Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengidentifikasi kondisi perilaku orang-orang di sekitar tempat tinggalnya berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.
  6. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  7. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian. 

RPP 1 Lembar Kelas 5

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel