Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 4 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya  4 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                       :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema                :  Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  4
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 
  1. Dengan mengamati gambar pada peta, siswa dapat menyebutkan asal daerah beberapa identitas budaya secara peduli.
  2. Dengan mengamati peta, siswa dapat menyebutkan nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia secara percaya diri
  3. Dengan membaca, siswa mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat secara tanggung jawab
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila secara disiplin.
  5. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan meminta siswa untuk mengamati gambar dan lagu pada buku siswa.
  • Siswa bersama guru menyanyikan lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut
  • Ciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga siswa percaya diri, teliti, dan memiliki imajinasi yang tepat dalam menyanyikan lagu.
Ayo Membaca 
  • Siswa diminta untuk membaca teks tentang "Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia".
  • Siswa membaca bacaan berjudul "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Budaya Masyarakat'.
  • Kegiatan ini dapat dikemas dalam bentuk diskusi.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
  • Siswa mengidentifikasi dan mengklasifikasikan gambar-gambar tersebut ke dalam budaya asli Indonesia 
  • dan budaya hasil percampuran dari negara lain.
Ayo Berlatih
  • Dengan peta, siswa menghubungkan identitas budaya dengan daerah asalnya dengan menarik garis.
  • Siswa mengisi tabel nama-nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indoenesia.
  • Untuk memudahkan kerja siswa, guru mempersilahkan siswa untuk melakukan studi pustaka dengan mencari informasi dan data dari berbagai sumber buku dan artikel serta majalah dan surat kabar.
  • Siswa diminta mengerjakan secara mandiri.
  • Guru berkeliling dan memandu siswa yangmengalami kesulitan.
  • Pembelajaran ini dapat juga dilakukan dengan diskusi.
Ayo Mengamati
  • Secara mandiri dan cermat siswa mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya  yang menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Secara demontrasi dan interaktif, guru memberikan penjelasan pancingan terhadap perilaku yang diamati siswa
  • Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru.
  • Selesai mengamati gambar, siswa mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Ayo Berlatih
  • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:  
  • Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  • Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan pegamatannya tentang kondisi budaya tradisional yang ada di wilayah tempat tinggalnya.
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
  4. Penugasan dirumah kerjasama dengan orang tua.
  5. Dengan  bantuan  orang  tuanya, siswa mencatat kesenian tradisional, adat istiadat, dan unsur budaya lainnya yang masih lestari di wilayah tempat tinggalnya. 
  6. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  7. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
RPP 1 Lembar Kelas 5

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel