Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 5 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya  5 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                       :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema                :  Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  5
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 

  1. Dengan mengamati gambar , siswa dapat mengidentifikasi manfaat organ gerak manusia secara peduli.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf secara tanggung jawab.
  3. Dengan menganati, siswa dapat menyebutkan kelainan otot pada manusia secara percaya diri.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk mecermati gambar ilustrasi.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan terhadap gambar yang diamatinya.
  • Setelah semua siswa memberikan tanggapan, guru memberikan penguatan dan penjelasan gambar dan kaitannya dengan materi yang akan dipelajari.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati kelainan otot rangka sebagai salah satu organ gerak manusia.
  • Secara interaktif guru menjelaskan tentang macam-macam kelainan, gangguan, dan jenis-jenis penyakit otot yang ada pada rangka tubuh manusia.
  • Agar lebih menarik, guru dapat menggunakan media gambar, patung torso, maupun video  untuk menjelaskan materi tentang otot.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
  • Kegiatan ini bisa dilakukan dengan alternatif pembelajaran seperti berikut.
  • Siswa dapat mencari informasi dan data pendukung dan pelengkap  dengan melakukan studi pustaka, wawancara, maupun observasi.    
Ayo Berkreasi
  • Guru membimbing dan mengawasi siswa membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
  • Guru selalu menekankan kebersihan, kerapian, dan keselamatan kerja selama kegiatan berlangsung.
  • Meskipun model sederhana, namun kerangka organ gerak manusia ini harus dibuat dengan memperhatikan proporsi dan anatominya.
Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks berjudul "Salah Bantal".
  • Selesai membaca siswa menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan secara mandiri.
  • Guru memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Ayo Berkreasi
  • Guru menjelaskan secara interaktif mengenai ciri-ciri komik.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif bertanya dan memberikan pendapat.
  • Guru memastikan siswa memahami ciri-ciri komik.
  • Siswa membuat komik tentang gerakan-gerakan yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan pada otot manusia sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing.
  • Agar kegiatan pembelajaran ini dapat berlangsung dengan menarik dan tidak membosankan, maka dapat dilakukan di luar kelas.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa menceritakan gambar yang telah dibuatnya di hadapan guru dan teman-teman.
  • Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Siswa bersama orang tuanya mendiskusikan ciri-ciri komik yang baik dan membuat sebuah karya komik yang sesuai dengan ciri-ciri yang telah didiskusikan.
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
  4. Penugasan dirumah kerjasama dengan orang tua.
  5. Dengan bantuan orang tuanya, siswa membuat sebuah karya komik. 
  6. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  7. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 

 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel