Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya  6 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                       :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema                :  Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  6
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 

  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui posisi dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak dengan peduli.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok masing-masing paragraf secara penuh tanggung jawab.
  3. Dengan menggambar, siswa dapat menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk komik secara percaya diri.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat mempresentasikan kelainan organ gerak menggunakan alat peraga model sederhana kelainan atau gangguan pada otot manusia dari bahan tanah liat yang telah dibuat secara percaya diri.
B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Gunakan gambar  (pengamatan gambar) dan narasi yang tersedia untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa. Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai gambar cerita.
  • Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilakukan.
Ayo Berlatih
  • Guru mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga kesehatan organ gerak.
Ayo Mengamati
  • Guru berinteraksi dua arah dengan siswa mengenai  pengalaman-pengalaman siswa berkaitan dengan kelainan atau gangguan pada organ gerak dan cara menjaga serta merawatnya.
  • Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing siswa untuk menceritakan pengalamanya sendiri-sendiri.
Hasil yang diharapkan
  • Siswa termotivasi untuk belajar lebih jauh.
  • Keterampilan mengamati gambar dan  narasi.
  • Menggali informasi dari gambar dan narasi.
  • Menuangkan atau menyajikan informasi yang didapat.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa mengamati gamabar dan mengidentifikasi akibat-akaibat yang timbul karena melakukan gerakan-gerakan yang nampak seperti pada gambar.
Ayo Membaca 
  • Siswa membaca bacaan  berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
Ayo Berkreasi
  • Siswa kembali mengingat arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
  • Untuk mengetahui daya ingat dan pemahaman siswa, guru dapat menunjuk iswa secara spontan dan acak untuk menjelaskan arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
  • Guru memastikan bahwa siswa benar-benar memahami pengertian, dan ciri-ciri gambar komik.
  • Selesai mengingat, siswa membuat gambar komik berdasarkan bacaan yang berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
  • Untuk memberikan suasana yang berbeda, 
  • kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, atau aula.
Ayo Renungkan
  • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa, secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  • Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari.Catatan:
  • Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
  • Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
  • Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan Remedial dan Pengayaan sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
  • Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Siswa diminta untuk bertanya kepada orang tuanya mengenai pengalamannya berkaitan dengan gangguan pada organ gerak.
  • Siswa menuliskan cerita pengalaman orang tuanya dan mempresentasikan di kelas.
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
  4. Penugasan dirumah kerjasama dengan orang tua.
  5. Dengan bantuan orangtua, siswa mengidentifikasi gangguan pada organ gerak.
  6. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  7. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................


RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel