RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 5 (Berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 5 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berlatih
Ayo Berkreasi
Kegiatan Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah membaca informasi tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN dengan benar.
- Setelah melakukan uji coba dengan warna, siswa mampu menemukanpewarnaan patung yang tepat.
- Dengan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mendesain patung dengan lebih terampil.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
- Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan kembali mendiskusikan wilayahnya.
Ayo Berlatih
- Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk membaca teks tentang ASEAN. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya secara klasikal.
- Siswa mengambil seluruh diagram Venn yang berisi informasi tentang dua negara ASEAN dan memahaminya. Siswa menyampaikan isi diagram Venn kepada teman kelompoknya dan mendiskusikannya.
- Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
- Guru dapat menawarkan mereka untuk mencari informasi lebih melalui guru atau bahan bacaan lain apabila tersedia.
- Siswa harus membuat tulisan tentang dua negara ASEAN berdasarkan informasi yang telah dimilikinya.
- Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
- Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.
- (Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berkreasi
- Siswa diingatkan untuk mengambil patung dan melanjutkan pengerjaannya.
- Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.
- Setelah selesai dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan menyimpan pekerjaannya pada tempat yang disediakan.
- Guru dapat mengajak adik kelas untuk menikmati patung kakak kelasnya.
- (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup
- Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
- Peserta Didik :
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc