Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 4 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  6 /1
Tema                       :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  PPkN, SBdP 
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu          :  1 hari

A. TUJUAN 

  1. Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, siswa mampumenyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan teman dari teks yang dibaca dengan rinci.
  3. Setelah membaca komik tentang penerapan sila Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli tumbuhan/hewan.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.
B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
Kegiatan
Pendahuluan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berdiskusi

  • Siswa memulai kegiatan dengan membaca komik tentang peduli hewan/tumbuhan.  Siswa kemudian menuliskan pendapatnya.
  • Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
  • Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila Pancasila terkait menyayangi tumbuhan/hewan dalam bentuk komik.
  • Guru dan siswa berdiskusi tentang komik.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)
  • Siswa kemudian membuat cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.

Ayo Menulis

  • Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
  • Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa. 
  • Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.  
  • Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.
  • Kesimpulan dan komentar terhadap hasil kesimpulan teman disampaikan kepada guru. (Critical Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation)
Kegiatan
Penutup

  1. Kerja Sama dengan Orang Tua
  2. Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
  3. Peserta Didik :
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
  4. Guru :
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  5. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel