RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 4 (Berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berdiskusi
Ayo Menulis
Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN
- Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, siswa mampumenyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan teman dari teks yang dibaca dengan rinci.
- Setelah membaca komik tentang penerapan sila Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli tumbuhan/hewan.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.
Kegiatan
Pendahuluan
- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Berdiskusi
- Siswa memulai kegiatan dengan membaca komik tentang peduli hewan/tumbuhan. Siswa kemudian menuliskan pendapatnya.
- Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
- Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila Pancasila terkait menyayangi tumbuhan/hewan dalam bentuk komik.
- Guru dan siswa berdiskusi tentang komik.
- (Critical Thinking and Problem Formulation)
- Siswa kemudian membuat cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.
Ayo Menulis
- Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
- Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa.
- Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.
- Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.
- Kesimpulan dan komentar terhadap hasil kesimpulan teman disampaikan kepada guru. (Critical Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation)
Penutup
- Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
- Peserta Didik :
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc