RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 3
Jumat, 04 September 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 3 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Menyayangi Tumbuhan dan
Hewan (Tema 2)
Sub Tema : Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk pola irama dengan bernyanyi dengan tepat.
2. Dengan membaca lirik lagu, siswa dapat
menyanyikan lagu Tomat yang memiliki pola irama sederhana dengan tepat.
3. Dengan menyimak teks dongeng yang dibacakan,
siswa menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar dengan tepat.
4. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan
kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri secara lisan.
5. Dengan kegiatan
review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan
tepat.
6. Dengan mengamati sifat pertukaran pada
penjumlahan, siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk
menyelesaikan soal-soal dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Bernyanyi
·
Siswa dan guru
mendiskusikan tentang manfaat Tomat bagi kehidupan manusia. Siswa didorong
untuk mengajukan pertanyaan seputar tomat dan manfaatnya. (Creativity
and Innovation)
·
Siswa bersama-sama
membaca lirik lagu berjudul “Tomat.”
·
Siswa menyimak guru
yang mencontohkan cara bernyanyi lagu berjudul Tomat yang memiliki pola irama
sederhana.
·
Siswa menyanyikan lagu
Tomat bersama-sama yang dipandu oleh guru.
·
Guru membimbing siswa
menyanyikan lagu Tomat dimana syairnya diganti dengan senandung
la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melakukan kegiatan ini untuk
memeragakan pola irama sederhana pada lagu.
·
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Tomat secara bergantian.(Gotong Royong)
·
Siswa menyanyikan lagu
Tomat secara individual bila waktu masih tersedia.
·
Guru mengamati siswa
saat bernyanyi.
Ayo Berdiskusi
·
Siswa dan guru
mendiskusikan anugerah Tuhan untuk manusia yaitu tumbuh an yang berbagai jenis ragamnya. Semuanya
itu Tuhan ciptakan untuk kesejahteraan manusia. Salah satu tumbuhan yang
memberi manfaat untuk manusia, yaitu pohon kelapa. Siswa dan guru
mendiskusi-kan manfaat pohon kelapa bagi kehidupan manusia.
·
Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok. Setiap siswa membaca dongeng yang berjudul Asal Mula
Buah Kelapa secara bergantian.
·
Siswa dalam kelompok
secara bergiliran men ceritakan
kembali isi dongeng. Siswa yang lain menyimak dan mengisi lembar pengamatan.
Guru juga mengamati kegiatan bercerita dengan ber keliling kelas. Setelah kegiatan ini
selesai, siswa mengumpulkan lembar pengamatan.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
·
Siswa mendiskusikan
pesan yang terdapat dalam isi dongeng. Setiap kelompok menuliskan pesan yang
terkandung pada isi dongeng di buku siswa.
·
Selanjutnya guru dan
siswa mendiskusikan hasil kerja tiap kelompok hingga disimpulkan pesan moral
yang terkandung pada isi dongeng.
(Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
·
Siswa menyimak review
tentang sifat pertukaran pada penjumlahan yang dilakukan guru.
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal-hal yang kurang
dimengerti.
·
Siswa mengerjakan
latihan yang menerapkan sifat pertukaran pada penjumlahan.
·
Setelah semua siswa
menyelesaikan soal-soal latihan, guru dan siswa membahas jawaban tiap-tiap
soal.
·
Siswa diminta
memeriksa jawaban masing-masing dan diminta jujur jika ada yang benar atau
salah.
·
Siswa mengumpulkan
hasil kerjanya kepada guru. Siswa juga merapikan peralatan yang digunakan
untuk disimpan di tempatnya.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
|
140
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 3"
Posting Komentar