RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 4
Jumat, 04 September 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Menyayangi Tumbuhan dan
Hewan (Tema 2)
Sub Tema : Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan
isi pesan yang terdapat dalam dongeng secara lisan dengan tepat.
2. Dengan membaca teks dongeng, siswa dapat
memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan
arti penting meminta maaf kepada sesama manusia sebagai perwujudan pengamalan
sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4. Dengan mengingat kembali peristiwa yang telah
dialami, siswa dapat mencerita kan
pengalaman meminta maaf kepada teman dengan lancar sebagai perwujudan
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5. Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat.
6. Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Berdiskusi
·
Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok maksimal terdiri dari 5 orang siswa.
(Gotong Royong)
·
Semua siswa membaca
dongeng yang ada pada buku siswa.
·
Setiap kelompok
mendiskusikan pesan yang terdapat pada dongeng. Mereka juga men diskusikan karakter yang ada dalam dongeng.
Ayo Menulis
Setiap siswa menuliskan
tokoh-tokoh dan karakter yang terdapat pada dongeng “Bunga Melati yang Baik
Hati” di buku siswa.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Bermain Peran
·
Setiap kelompok memerankan
cerita yang ada pada dongeng “Bunga
Melati yang Baik Hati”. Sebagian kelompok bermain peran pada hari itu.
Sebagian kelompok bermain peran pada esok hari.
·
Guru mengamati
penampilan setiap kelompok.
·
Guru mengulas
penampilan tiap-tiap kelompok, serta tidak lupa memuji penampilan para siswa.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Bercerita
·
Salah satu siswa
diminta untuk membaca buku siswa di Pembelajaran 4 bagian Ayo Mencoba.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan tentang arti penting meminta maaf, apa dampak meminta maaf pada
hubungan pertemanan, dan bagaimana perasaan orang yang meminta maaf/ orang
yang memberi maaf. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
·
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok. Setiap siswa menceritakan pengalamannya meminta maaf
kepada orang lain. (Gotong Royong,
Mandiri)
Ayo Mencoba
·
Setelah kegiatan
bercerita, siswa akan melakuan kegiatan olahraga. Sebelum berolahraga, siswa
mengganti pakaian seragam sekolah dengan pakaian olahraga.
·
Sebelum melakukan
kegiatan olahraga, siswa melakukan pemanasan.
·
Kegiatan pemanasan
dapat berlari keliling lapangan atau melakukan gerakan peregangan.
·
Setelah melakukan
pemanasan, siswa berbaris untuk memperhatikan guru Memeragakan gerakan
memutar lengan dan meliukkan badan. Gambar gerakan-gerakan ada pada buku
siswa.
1.
Badan berdiri tegak.
2.
Merentangkan tangan ke
samping.
3.
Memutar tangan ke
depan 3 kali dan ke belakang 3 kali.
4.
Badan kembali berdiri
tegak.
5.
Merentangkan kedua
tangan ke atas.
6.
Meliukkan badan ke
samping kanan dan kiri.
7.
Meliukkan badan ke
kanan atas.
8.
Meliukkan badan ke
kiri atas.
9.
Meliukkan badan ke
atas (melentingkan badan).
·
Siswa melakukan
gerakan memutar lengan dan meliukkan badan. Setelah semua siswa dapat
menghapal dan melakukan gerakan memutar lengan dan meliukkan badan, guru
meminta salah satu siswa memimpin gerakan di depan siswa lainnya. Mereka
melakukan gerakan beberapa kali. Guru mengamati gerakan-gerakan siswa.
·
Guru memimpin siswa
untuk melakukan gerakan pendinginan.
·
Kegiatan berolahraga
selesai, siswa kembali ke kelas. Siswa mengganti pakaian olahraganya dengan
pakaian seragam sekolah.
(Creativity and
Innovation)
|
140
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 4"
Posting Komentar