RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 4
Kamis, 23 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku
(Tema 2)
Sub Tema : Gemar Membaca
(Sub Tema 4 )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar, siswa
dapat menunjukkan gambar posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan membaca
dengan tepat.
2. Dengan mempelajari cara duduk
yang benar, siswa dapat mendemonstrasikan posisi duduk yang tepat saat
melakukan kegiatan membaca dengan disiplin.
3. Dengan bertanya jawab, siswa
dapat informasi tentang bacaan kegemaran masing-masing masing-masing anggota
keluarga dengan benar.
4. Dengan penuh percaya diri,
siswa mampu menceritakan pengalaman membaca bersama anggota keluarganya.
5. Dengan mengenal bahan-bahan
alami untuk membuat karya, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan
dalam membuat kerajinan (kartu kata motif bunga kering) membuat kartu kata
dengan hiasan daun-daun kering dengan benar.
6. Dengan arahan dari guru, siswa
mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan (kartu kata
motif bunga kering) dengan rapi.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Membaca
1. Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar
seorang anak yang sedang duduk dengan posisi benar untuk membaca.
2. Guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan?
Gambar apakah ini? Apa yang sedang dilakukan anak tersebut? (Collaburation)
3. Kemudian siswa menyimak penjelasan guru bahwa membaca
adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan
banyak informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita bisa membaca
buku-buku yang menarik, seperti buku cerita bergambar, buku cerita anak, dan
buku ilmu pengetahuan. Jika
kita dapat membaca, maka pengetahuan mudah kita dapatkan.
4. Lalu sampaikan pada siswa membaca pun harus dilakukan
dengan posisi yang benar, sama halnya seperti menulis. Membaca sambil duduk
dan menegakkan punggung. Posisi membaca yang tepat akan berpengaruh terhadap
kesehatan tubuh siswa. Guru menekankan perlunya disiplin dalam menerapkan
sikap membaca agar kesehatan tubuh dan mata tetap terjaga.
B.
Ayo Mencoba
1. Kemudian siswa diminta untuk mempraktikkan posisi duduk
yang benar. Dengan memegang buku sebagai media bacaan. Sampaikan pada siswa
bahwa hari ini meraka akan belajar membaca sebuah cerita.
2. Setelah siswa dapat duduk dengan posisi yang benar,
mintalah siswa untuk membaca rangkaian huruf-huruf dan kata pada buku siswa.
3. Kata-kata yang ditampilkan dibantu dengan gambar. Setelah
diulang beberapa kali, mintalah siswa membaca kata tanpa bantuan gambar.
4. Usai mempraktikkan posisi duduk dengan baik, siswa
menyimpulkan bahwa
·
Untuk
mulai membaca, posisi duduk harus dilakukan dengan baik dan benar. Tegakkan badan dan kepala agar tubuh tidak mudah lelah
dan tetap sehat. Siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar saat akan
mulai membaca.
C.
Ayo Bermain Peran
1. Guru menyampaikan penjelasan bahwa manusia memiliki
bermacam-macam kesukaan.
2. Guru bertanya jawab dengan siswa berbagai kesukaan yang
mereka miliki.
3. Guru bertanya jawab tentang kesukaan yang dimiliki
anggota keluarganya.
4. Guru menekankan bahwa setiap orang memiliki kesukaan
yang berbeda. Perbedaan adalah sebuah keberagaman yang harus kita syukuri.
Walaupun kesukaan berbeda, tetapi tetap harus saling menghormati.
5. Kemudian siswa menceritakan pengalamannya saat membaca
bersama keluarga baik atas inisiatif sendiri atau atas permintaan guru.
6. Usai kegiatan bercerita, guru mengajak siswa berkreasi
dengan membuat kartu kata.
(Creativity and Innovation)
D.
Ayo Berkreasi
1. Kegiatan dibuka dengan penjelasan guru bahwa siswa akan
membuat kartu kata dari benda-benda, makanan, ataupun aktivitas yang mereka
sukai. Bagaimana caranya?
2. Guru mengajak siswa berkeliling mencari daun-daun
kering atau ranting, majalah atau koran bekas untuk hiasan kartu.
3. Guru membagikan potongan karton berukuran 15 x 10 cm
4. Siswa mencetak atau menggambar benda-benda kesukaannya
di karton.
5. Di samping gambar siswa menuliskan nama benda tersebut
dengan menggunakan spidol. Guru membantu siswa mengecek apakah huruf untuk
nama benda (kata) sudah tepat.
6. Siswa dapat menghias gambar dengan daun-daun, rumput
kering yang telah dikumpulkan dengan menempelkannya di kartu.
7. Guru berkeliling pada saat siswa mengerjakan tugasnya.
Sambil berkeliling guru memberi semangat dan mengarahkan siswa yang
membutuhkan bantuan dan waktu lebih lama mengerjakannya dibanding dengan
siswa lain.
(Creativity and Innovation)
|
menit
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1