Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  2 /1
Tema                            :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                     :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                :  1 Hari

A.    TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
  3. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
  4. Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  5. Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
  6. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
ØPada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar “Beni dan Tiur yang sedang bermain perahu kertas”.
ØSiswa diarahkan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati.
ØSiswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
ØBerdasarkan gambar, siswa menceritakan pengalamannya dalam bermain perahu kertas.
Ayo Bernyanyi
ØGuru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung”.
Ø Sebelum menyanyi, terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam bernyanyi harus memperhatikan nada.
(Creativity and Innovation)
 Ayo Membaca
ØSiswa diminta membaca teks yang berkaitan dengan panjang pendek nada.
ØGuru menjelaskan cara menyanyikan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu.
ØGuru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan benar.
ØSiswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan panjang pendek nada.
Ayo Berdiskusi
ØSiswa berdiskusi menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu dengan menggunakan simbol.
ØDalam hal ini guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
ØHasil diskusi disampaikan di depan kelas dan kepada siswa diarahkan untuk saling memberikan komentarnya.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
ØGuru membacakan teks “Bermain Perahu Kertas” dan siswa diarahkan untuk mendengarkan dengan saksama.
ØSiswa menceritakan isi teks yang telah didengarnya secara lisan di depan kelas, kemudian siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan.
Ayo Menulis
ØSiswa membaca kembali teks “Bermain Perahu Kertas”.
ØSiswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
Ayo Mengamati
ØSiswa memperhatikan contoh penyelesaian masalah perkalian yang dimulai dengan penjumlahan berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh di awal diharuskan menggunakan benda konkret terlebih dahulu.
Ø Guru menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
ØSiswa diarahkan untuk menyelesaikan beberapa masalah sederhana yang berkaitan dengan perkalian dengan menggunakan benda konkret.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berdiskusi
ØSiswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan konsep perkalian.
ØSiswa diminta menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya.
ØSiswa saling menanggapi hasil diskusi yang telah disampaikan.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
ØSiswa menyelesaikan beberapa soal yang berkaitan dengan perkalian.Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal diberikan bimbingan oleh guru.


Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit






C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 1 

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel