RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1 (Berbagi rpp)
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Lingkungan
Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan
benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada
lagu dengan benar.
- Dengan mendengarkan guru membaca teks
“Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang
dibacakan dengan tepat.
- Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu
Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian
dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
ØPada awal
pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar “Beni dan Tiur yang
sedang bermain perahu kertas”.
ØSiswa diarahkan oleh
guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di
mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati.
ØSiswa lain diminta
menjawab pertanyaan yang diajukan.
ØBerdasarkan gambar,
siswa menceritakan pengalamannya dalam bermain perahu kertas.
Ayo Bernyanyi
ØGuru membimbing siswa
menyanyikan lagu “Berdayung”.
Ø Sebelum menyanyi,
terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam bernyanyi harus memperhatikan nada.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Membaca
ØSiswa diminta membaca
teks yang berkaitan dengan panjang pendek nada.
ØGuru menjelaskan cara
menyanyikan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu.
ØGuru membimbing siswa
menyanyikan lagu “Berdayung” dengan benar.
ØSiswa menyanyikan lagu
“Berdayung” dengan memperhatikan panjang pendek nada.
Ayo Berdiskusi
ØSiswa berdiskusi
menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu dengan menggunakan simbol.
ØDalam hal ini guru
memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
ØHasil diskusi
disampaikan di depan kelas dan kepada siswa diarahkan untuk saling memberikan
komentarnya.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
ØGuru membacakan teks
“Bermain Perahu Kertas” dan siswa diarahkan untuk mendengarkan dengan
saksama.
ØSiswa menceritakan isi
teks yang telah didengarnya secara lisan di depan kelas, kemudian siswa lain
diminta untuk memberikan tanggapan.
Ayo Menulis
ØSiswa membaca kembali
teks “Bermain Perahu Kertas”.
ØSiswa menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan teks bacaan.
Ayo Mengamati
ØSiswa memperhatikan
contoh penyelesaian masalah perkalian yang dimulai dengan penjumlahan
berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh di awal diharuskan menggunakan
benda konkret terlebih dahulu.
Ø Guru menjelaskan
konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
ØSiswa diarahkan untuk
menyelesaikan beberapa masalah sederhana yang berkaitan dengan perkalian
dengan menggunakan benda konkret.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berdiskusi
ØSiswa berdiskusi
dengan teman sebangku untuk menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan
konsep perkalian.
ØSiswa diminta
menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya.
ØSiswa saling
menanggapi hasil diskusi yang telah disampaikan.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
ØSiswa menyelesaikan
beberapa soal yang berkaitan dengan perkalian.Siswa yang mengalami kesulitan
dalam menyelesaikan soal diberikan bimbingan oleh guru.
|
|
Penutup
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 1 (Berbagi rpp)"
Posting Komentar