Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp)


RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari



A.   TUJUAN
  1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang
  2. Dengan melewati balok keseimbangan, siswa dapat mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat dan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan mengamati kartu kata, siswa mampu menunjukkan huruf konsonan pada kata tersebut dengan tepat.
  4. Dengan kegiatan mengamati kartu kata, siswa mampu menunjukkan huruf konsonan pada kata tersebut dengan tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
A.   Ayo Mengamati
1.    Guru mengajak siswa untuk mengamati kosa kata yang terdapat pada teks dalam buku siswa.
2.    Guru mengajak siswa untuk melafalkan berbagai huruf konsonan.


B.   Ayo Berlatih
1.    Guru mengajak siswa untuk bermain menemukan kartu huruf.
2.    Sebar kartu-kartu huruf di berbagai sudut kelas.
3.    Minta siswa untuk menemukan sebanyak-banyaknya huruf konsonan.
4.    Siswa yang menemukan kartu huruf paling banyak dipersilahkan untuk mengikuti permainan meniti balok lebih dulu.
5.    Guru mengajak siswa untuk bermain memindahkan huruf konsonan sambil meniti balok keseimbangan.
6.    Guru mengajak siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
(Creativity and Innovation)

C.   Ayo Mencoba
1.    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sikap berjalan yang lentur dan seimbang
2.    Sebelum memulai latihan siswa melakukan gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
3.    Setelah pemanasan, guru mencontohkan bagaimana melakukan gerakan berjalan meniti balok keseimbangan.
4.    Guru meminta siswa mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
5.    Guru memandu siswa melakukan gerakan tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan siswa.
6.    Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
7.    Setelah siswa mampu melakukan sikap berjalan lentur dan seimbang di atas balok keseimbangan, guru mengajak siswa bermain memindahkan kartu konsonan.
8.    Siapkan 4 buah balok keseimbangan untuk dipakai oleh siswa secara bersamaan.
9.    Susun beberapa kata menggunakan kartu huruf dan letakkan di salah satu ujung balok.
10.  Di ujung balok yang lainnya siapkan keranjang tempat menyimpan huruf konsonan.
11.  Minta siswa untuk mengamati kartu kata dan mengambil huruf konsonan
12.  yang terdapat pada kata tersebut dan memindahkannya ke dalam keranjang.
13.  Siswa harus meniti balok keseimbangan untuk menuju keranjang tempat huruf konsonan.
14.  Lakukan hingga seluruh siswa melakukan kegiatan tersebut.
15.  Setelah kegiatan tersebut guru memandu siswa melakukan pendinginan.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

140
    menit
Kegiatan Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15Menit





Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

C. PENILAIAN (ASESMEN)



   Mengetahui                                                                                                 ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................


RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1 

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel