RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp)
Selasa, 04 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema
: Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan
guru, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang
- Dengan melewati balok keseimbangan,
siswa dapat mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat
dan percaya diri.
- Dengan kegiatan mengamati
kartu kata, siswa mampu menunjukkan huruf konsonan pada kata tersebut
dengan tepat.
- Dengan kegiatan mengamati
kartu kata, siswa mampu menunjukkan huruf konsonan pada kata tersebut
dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo Mengamati
1.
Guru mengajak siswa
untuk mengamati kosa kata yang terdapat pada teks dalam buku siswa.
2.
Guru mengajak siswa
untuk melafalkan berbagai huruf konsonan.
B. Ayo Berlatih
1.
Guru mengajak siswa
untuk bermain menemukan kartu huruf.
2.
Sebar kartu-kartu
huruf di berbagai sudut kelas.
3.
Minta siswa untuk
menemukan sebanyak-banyaknya huruf konsonan.
4.
Siswa yang menemukan
kartu huruf paling banyak dipersilahkan untuk mengikuti permainan meniti
balok lebih dulu.
5.
Guru mengajak siswa
untuk bermain memindahkan huruf konsonan sambil meniti balok keseimbangan.
6.
Guru mengajak siswa ke
luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
(Creativity and
Innovation)
C. Ayo Mencoba
1.
Siswa menyimak
penjelasan guru mengenai sikap berjalan yang lentur dan seimbang
2.
Sebelum memulai
latihan siswa melakukan gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
3.
Setelah pemanasan,
guru mencontohkan bagaimana melakukan gerakan berjalan meniti balok
keseimbangan.
4.
Guru meminta siswa
mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
5.
Guru memandu siswa
melakukan gerakan tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan
siswa.
6.
Guru mengoreksi jika
ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
7.
Setelah siswa mampu
melakukan sikap berjalan lentur dan seimbang di atas balok keseimbangan, guru
mengajak siswa bermain memindahkan kartu konsonan.
8.
Siapkan 4 buah balok
keseimbangan untuk dipakai oleh siswa secara bersamaan.
9.
Susun beberapa kata
menggunakan kartu huruf dan letakkan di salah satu ujung balok.
10. Di ujung balok yang lainnya siapkan keranjang tempat menyimpan huruf
konsonan.
11. Minta siswa untuk mengamati kartu kata dan mengambil huruf konsonan
12. yang terdapat pada kata tersebut dan memindahkannya ke dalam keranjang.
13. Siswa harus meniti balok keseimbangan untuk menuju keranjang tempat huruf
konsonan.
14. Lakukan hingga seluruh siswa melakukan kegiatan tersebut.
15. Setelah kegiatan tersebut guru memandu siswa melakukan pendinginan.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
|
140
menit
|
Kegiatan Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
|
15Menit
|
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa 2 (berbagirpp)"
Posting Komentar