RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp)
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema : Gemar Berolahraga (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar
permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan
dengan tepat.
2. Dengan menirukan kata-kata yang
dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara
kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3. Melalui kegiatan membaca dan
mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga
sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.
4. Dengan menyimak teks yang
disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat
bermain atau berolahraga dengan tepat.
5. Dengan mengamati dan
mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang
boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6. Dengan menyimak teks yang
disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan
dengan tepat.
7. Dengan mengamati gambar dan
menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan
bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.
B. MATERI
·
Cara Memelihara
Kesehatan
·
Hal-Hal
Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Bermain Atau Berolahraga
·
Bunyi
Alam Dan Bunyi Buatan Dengan Menyanyikan Lagu “Tepuk Tangan”.
C. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Mengamati
1. Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
2. Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar
beberapa jenis permainan dan olahraga yang menyehatkan.
3. Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
diamati.
4. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan.
·
Apakah
kamu suka bermain?
·
Permainan
apa yang kamu sukai?
·
Tahukah
kamu permainan lain yang menyehatkan?
5. Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang
permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan
yang biasa dimainkan siswa sehari-hari.
6. Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
7. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan.
·
Siapa
yang bermain lompat tali?
·
Apa
yang dilakukan Siti selesai bermain?
·
Apakah
kamu suka bermain di luar rumah?
·
Apa
yang kamu lakukan setelah bermain?
(Critical Thinking and Problem
Formulation)
8. Siswa kembali menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
9. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan.
·
Tahukah
kamu bunyi peluit?
10. Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
B.
Ayo Membaca
1. Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang
jenis-jenis olahraga dan permainan.
2. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang makna kata-kata yang telah dibaca.
C.
Ayo Mencoba
1. Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang
permainan dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
2. Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan
dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan
yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak
menyehatkan.
3. Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang
terdapat pada gambar.
4. Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda
centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan.
5. Guru menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang
sumber-sumber bunyi yang telah diidentifikasi dan ditirukan.
·
Bunyi
angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di
alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan
bunyi-bunyian alam.
·
Sedangkan
bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia,
disebut pula bunyi buatan.
D.
Ayo Berlatih
1. Siswa mengamati gambar dengan seksama.
2. Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam
gambar.
4. Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi
aturan.
6. Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya
mengenai gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap
anak-anak di dalam gambar. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
E.
Ayo Bernyanyi
1.
Siswa
menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersama-sama.
2.
Siswa
bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
3.
Guru
mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.
(Creativitty and Innovation)
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp)"
Posting Komentar