Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)




Satuan Pendidikan                   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester                       :  1 /1
Tema                                       :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                                 :  Gemar Berolahraga (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke                        :  1
Alokasi waktu                            :  1 Hari



A.    TUJUAN
1.     Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
2.     Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3.     Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.
4.     Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
5.     Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6.     Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
7.     Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.

B.    MATERI
·         Cara Memelihara Kesehatan
·         Hal-Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Bermain Atau Berolahraga
·         Bunyi Alam Dan Bunyi Buatan Dengan Menyanyikan Lagu “Tepuk Tangan”.

C.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan             : Scientific
      Strategi                   : Cooperative Learning
      Teknik                     : Example Non Example
      Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN



A.     


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
     Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
      Kegiatan
Inti
A.    Ayo Mengamati
1.     Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
2.     Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis permainan dan olahraga yang menyehatkan.
3.     Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
4.     Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Apakah kamu suka bermain?
·         Permainan apa yang kamu sukai?
·         Tahukah kamu permainan lain yang menyehatkan?
5.     Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan yang biasa dimainkan siswa sehari-hari.
6.     Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
7.     Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Siapa yang bermain lompat tali?
·         Apa yang dilakukan Siti selesai bermain?
·         Apakah kamu suka bermain di luar rumah?
·         Apa yang kamu lakukan setelah bermain?
(Critical Thinking and Problem Formulation)
8.     Siswa kembali menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
9.     Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Tahukah kamu bunyi peluit?
10.  Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
B.    Ayo Membaca
1.     Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang jenis-jenis olahraga dan permainan.
2.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang makna kata-kata yang telah dibaca.
C.    Ayo Mencoba
1.     Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
2.     Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak menyehatkan.
3.     Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar.
4.     Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan.
5.     Guru menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang sumber-sumber bunyi yang telah diidentifikasi dan ditirukan.
·         Bunyi angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan bunyi-bunyian alam.
·         Sedangkan bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia, disebut pula bunyi buatan.

D.    Ayo Berlatih
1.     Siswa mengamati gambar dengan seksama.
2.     Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar.
3.     Siswa membuat gambar pada gambar anak yang mematuhi aturan.
4.     Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan.
5.     Siswa melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan.
6.     Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar. (Critical Thinking and Problem Formulation)
E.    Ayo Bernyanyi
1.     Siswa menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersama-sama.
2.     Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
3.     Guru mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.
(Creativitty and Innovation)
    140
    menit
Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester1

   Mengetahui                                                                                            ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1 

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 1 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel