Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek  6 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.    TUJUAN
1.      Dengan membuat brosur, siswa dapat membuat gambar ilustrasi pada brosur dengan tanggung jawab.
2.      Dengan pertunjukan boneka, siswa dapat mempresentasikan cara menjaga dan merawat organ gerak manusia dengan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
15 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
Kegiatan awal pembelajaran
  • Guru meminta siswa untuk mengingat kembali arti, unsur-unsur, dan ragam gambar ilustrasi.
  • Guru menstimulus ingatan dan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan.
  • Guru menujuk siswa secara spontan dan acak untuk mengemukakan arti , unsur-unsur, dan ragam gambar ilustrasi.
  • Guru memberikan contoh penerapan gambar ilustrasi pada brosur.
Membuat brosur
-       Dilakukan secara mandiri.
-       Dilakukan di dalam kelas.
-       Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat komik.
-       Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
  • Pada akhir kegiatan guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengetahui cara membuat brosur.
-          Siswa terampil membuat brosur.

B.   Kegiatan 2
Kegiatan awal pembelajaran
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara menjaga dan merawat kesehatan otot dan tulang sebagai organ gerak manusia.
  • Guru memasttikan siswa benar-benar memahaminya.
Melakuakn pertunjukan boneka
-       Dilakukan secara kelompok.
-       Dilakukan di dalam kelas.
-       Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-       Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan.
  • Guru juga meminta masing-masing kelompok menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama melakukan presentasi dengan pertunjukan boneka
Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengetahui cara menjaga dan merawat keseatan organ gerak.
-          Siswa mengetahui langkah-langkah melakukan presentasi melalui pertunjukan boneka
-          Siswa melakukan pertunjukan boneka.
140 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................


Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 6 (Berbagi RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel