RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam Perbedaan
(Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang Proklamasi
Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan
tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan
informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan
makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan
mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
5. Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa
mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan
hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·
Guru membawa bendera
Merah Putih ke dalam kelas.
·
Guru mengajukan
pertanyaan:
‘Kapan bendera Merah Putih
dikibarkan?’
‘Apa makna bendera Merah Putih bagi Indonesia?’
Ayo Membaca
·
Siswa diminta untuk
mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.
·
Kemudian, setiap siswa
menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan
mendiskusikan jawabannya. (Critical Thinking and Problem Solving)
·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke Kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif.
·
Guru mengajak satu atau
dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan
kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi
kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain
untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
·
Siswa kemudian membaca
teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.
·
Bersama temannya,
siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. Guru berkeliling untuk memastikan semua
siswa aktif.
·
Guru meminta satu atau
dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·
Siswa mengembangkan
informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. (Mandiri)
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing.
Ayo Berdiskusi
·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan
menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.
·
Guru membimbing
diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan.
·
Siswa menuliskan
paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
mereka.
·
Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan.
Ayo Mengamati
·
Setiap siswa membaca
teks tentang Bunga Teratai.
·
Siswa secara
berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. (HOST)
·
Guru telah menyiapkan
beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau
gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.
·
Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
(Creativity
and Innovation)
·
Guru meminta siswa
memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut
serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi.
·
Siswa kemudian menulis
laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.
·
Siswa mempresentasikan
hasil temuan mereka di depan kelas.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1"
Posting Komentar