Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema                       : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                :  1 hari

A.    TUJUAN
1.     Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.
3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5.     Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·         Guru membawa bendera Merah Putih ke dalam kelas.
·         Guru mengajukan pertanyaan:
 ‘Kapan bendera Merah Putih dikibarkan?’
‘Apa makna bendera Merah Putih bagi Indonesia?’

Ayo Membaca
·         Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.
·         Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke Kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif.
·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
·         Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.
·         Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing.  Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif.
·         Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·         Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. (Mandiri)
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing.
Ayo Berdiskusi
·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.
·         Guru membimbing diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan.
·         Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
·         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan.
Ayo Mengamati
·         Setiap siswa membaca teks tentang Bunga Teratai.
·         Siswa secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. (HOST)
·         Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.
·          Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok. (Creativity and Innovation)
·         Guru meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi. 
·         Siswa kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.
·         Siswa mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas.
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel