Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan                   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester                       :  1 /1
Tema                           :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                     :  Gemar Menggambar (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke            :  6
Alokasi waktu                            :  1 Hari

A.    TUJUAN
  1. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara cara meletakkan buku yang tepat saat menulis, dengan disiplin.
  2. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis, dengan tepat.
  3. Dengan kegiatan membaca permulaan, siswa mampu mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan disiplin.
  4. Dengan kegiatan mengelompokkan benda, siswa mampu mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis, dengan benar.
  5. Dengan kegiatan menebalkan garis, siswa mampu mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus dengan benar.
  6. Dengan kegiatan mengelompokkan gambar, siswa mampu mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang dengan mandiri.
  7. Dengan kegiatan persiapan bercerita, siswa mampu menggali data tentang gambar kesukaan anggota keluarga denga tepat.
  8. Dengan kegiatan bercerita di depan di kelas, siswa mampu menceritakan pengalamannya menggambar bersama anggota keluarga dengan percaya diri.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
A.    Ayo Mencoba
1.     Guru mengingatkan kembali tentang sikap yang harus dilakukan untuk persiapan menulis.
2.     Siswa mempraktikkan sikap persiapan menulis dengan disiplin.
3.     Guru mengajak siswa mengamati benda-benda yang mereka miliki.
4.     Siswa duduk berkelompok untuk mengumpulkan benda-benda yang mereka miliki.
5.     Siswa bersama kelompoknya mengumpulkan benda-benda sesuai bentuknya.
6.     Masing-masing kelompok melaporkan pada guru, benda dengan bentuk apa saja yang mereka dapatkan.
(Creativity and Innovation)

B.    Ayo Berlatih
1.     Siswa berlatih mewarnai sebuah gambar yang terdapat beberapa bentuk bangun ruang.
2.     Guru mengingatkan siswa untuk mewarnai bentuk sesuai warna yang sudah ditentukan.
3.     Guru mengajak siswa untuk menghitung bentuk-bentuk yang mereka temukan pada gambar tersebut.
4.     Berapakah bentuk kubus yang mereka temukan? Berapa bentuk balok yang mereka temukan? Berapa bentuk bola dan tabung yang mereka temukan?
(Critical Thinking and Problem Solving)

C.    Ayo Menulis
1.     Guru dan siswa bertanya jawab dari kegiatan yang telah dilakukan. Adakah pengalaman siswa ikut lomba menggambar atau mewarnai?
2.     Bagaimana persiapan siswa saat mengikuti lomba tersebut?
3.     Apakah mereka berlatih ditemani keluarganya?
4.     Siswa menceritakan pengalamannya berlatih menggambar bersama anggota keluarga menggunakan bahasa sendiri.
5.     Siswa lain menyimak dan bertanya jawab mengenai cerita temannya
(Creativity and Innovation)

D.    Ayo Berkreasi
1.     Guru meminta siswa mengumpulkan gambar yang mereka buat bersama anggota keluarga.
2.     Siswa boleh mengumpulkan hasil gambar yang dibuat sendiri, baik dengan tehnik mencetak, melukis dengan jari, maupun gambar kolase.
(Creativity and Innovation)

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit





C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester1

   Mengetahui                                                                                            ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel