RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp)
Sabtu, 15 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku
(Tema 2)
Sub Tema : Gemar Menggambar
(Sub Tema 3 )
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan kegiatan tanya
jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara cara meletakkan buku yang tepat
saat menulis, dengan disiplin.
- Dengan kegiatan tanya
jawab, siswa mampu menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan
media menulis, dengan tepat.
- Dengan kegiatan membaca
permulaan, siswa mampu mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat
saat menulis dengan disiplin.
- Dengan kegiatan
mengelompokkan benda, siswa mampu mendemonstrasikan jarak yang baik antara
mata dan media menulis, dengan benar.
- Dengan kegiatan menebalkan
garis, siswa mampu mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola,
tabung, balok, atau kubus dengan benar.
- Dengan kegiatan
mengelompokkan gambar, siswa mampu mengelompokkan benda-benda konkret
berdasarkan bentuk bangun ruang dengan mandiri.
- Dengan kegiatan persiapan
bercerita, siswa mampu menggali data tentang gambar kesukaan anggota keluarga
denga tepat.
- Dengan kegiatan bercerita
di depan di kelas, siswa mampu menceritakan pengalamannya menggambar
bersama anggota keluarga dengan percaya diri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Mencoba
1. Guru mengingatkan kembali tentang sikap yang harus
dilakukan untuk persiapan menulis.
2. Siswa mempraktikkan sikap persiapan menulis dengan disiplin.
3. Guru mengajak siswa mengamati benda-benda yang mereka
miliki.
4. Siswa duduk berkelompok untuk mengumpulkan benda-benda
yang mereka miliki.
5. Siswa bersama kelompoknya mengumpulkan benda-benda
sesuai bentuknya.
6. Masing-masing kelompok melaporkan pada guru, benda
dengan bentuk apa saja yang mereka dapatkan.
(Creativity and Innovation)
B.
Ayo Berlatih
1. Siswa berlatih mewarnai sebuah gambar yang terdapat
beberapa bentuk bangun ruang.
2. Guru mengingatkan siswa untuk mewarnai bentuk sesuai
warna yang sudah ditentukan.
3. Guru mengajak siswa untuk menghitung bentuk-bentuk yang
mereka temukan pada gambar tersebut.
4. Berapakah bentuk kubus yang mereka temukan? Berapa
bentuk balok yang mereka temukan? Berapa bentuk bola dan tabung yang mereka
temukan?
(Critical Thinking and Problem Solving)
C.
Ayo Menulis
1. Guru dan siswa bertanya jawab dari kegiatan yang telah
dilakukan. Adakah pengalaman siswa ikut lomba menggambar atau mewarnai?
2. Bagaimana persiapan siswa saat mengikuti lomba
tersebut?
3. Apakah mereka berlatih ditemani keluarganya?
4. Siswa menceritakan pengalamannya berlatih menggambar
bersama anggota keluarga menggunakan bahasa sendiri.
(Creativity and Innovation)
D.
Ayo Berkreasi
1.
Guru
meminta siswa mengumpulkan gambar yang mereka buat bersama anggota keluarga.
2.
Siswa
boleh mengumpulkan hasil gambar yang dibuat sendiri, baik dengan tehnik
mencetak, melukis dengan jari, maupun gambar kolase.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga 6 (berbagirpp)"
Posting Komentar